Anggota DPD RI Sosialisai Empat Pilar Kebangsaan di Konsel

Anggota DPD RI Dapil Sultra, dr. Dewa Putu Ardika Seputra Saat Melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Desa Adayu Indah, Konsel. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, dr Dewa Putu Ardika Seputra, baru-baru ini menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Desa Adayu Indah Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara.

Dalam sosialisai ini, dr Dewa Putu Ardika Seputra menggandeng Persada Hindu Dharma  Indonesia (PHDI) yang di Konsel.

Dalam sambutannya dr Dewa menjelaskan, pada perinsipnya kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan agar nilai-nilai kebangsaan terus tertanam dalam diri anak bangsa.

“Kita harus merawat kebhinekaan sebagai orientasi dalam kemajemukan agar menjadi spirit bagi generasi bangsa, karena Pancasila adalah dasar dan ideologi negara Indonesia,” tegasnya.

Tergerusnya jati diri bangsa, akibat kurangnya masyarakat dalam memfilter arus globalisasi. Ini menjadi salah satu kekhawatiran pemerintah atau negara.

“Ini harus kita respon cepat, jika tidak maka bisa berdampak buruk bagi bangsa dan negara,” paparnya.

Untuk itu, empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika harus terus digelorakan terhadap semua kalangan, mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda.

“Setiap masyarakat harus menyampaikan manfaat dari nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan,” ujarnya.

Melalui sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, ia berharap kepada masyarakat khususnya PHDI Konsel dapat mengukuhkan dan mengimplementasikan jiwa kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme gerasi penerus bangsa, agar semakin mencintai dan berkeinginan untuk membangun negara ini.

“Empat pilar kebangsaan ini dapat menjadi panduan yang efektif dan nyata, apabila semua elemen masyarakat konsisten mengamalkannya dalam arti yang seluas-luasnya,” pungkasnya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *