Berkunjung ke Konsel, Anggota DPRD Kendari Studi Banding Peningkatan Infrastruktur

Foto bersama anggota DPRD Kendari dan Konsel dalam kegiatan kunjungan kerja. (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Sebanyak tujuh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) berkunjung ke Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Selasa (09/03/2021). Tujuannya adalah melakukan studi banding peningkatan infrastruktur.

Kunjungan sejumlah anggota dewan itu pun diterima langsung Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo didampingi wakil ketua, Hj Hasnawati beserta anggota DPRD lainnya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kendari Hetty Purnawati Saranani selaku pimpinan rombongan yang berkunjung di Konsel itu memaparkan, kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam rangka studi banding. Mereka ingin mengetahui pencapaian dan peningkatan infrastruktur di Konsel.

Keingintahuan anggota DPRD Kendari itu pun dijawab langsung oleh Irham Kalenggo. Katanya, pencapaian pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan di Konsel cukup signifikan, mulai dari pembangunan jalan, jembatan, dan kantor-kantor pemerintahan.

“Yang namanya pembangunan tidak akan pernah ada habis-habisnya,” kata Irham.

Terkait jalan penghubung Kendari-Konsel, diakui Irham, kini mengalami kerusakan di sejumlah titik. Namun, perbaikannya tidak bisa ditangani Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel karena itu menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Sultra.

“Tentang APBD, seperti yang kita ketahui bahwa baik di kota maupun di kabupaten, kita sama-sama mengalami defisit. Dan dalam hal pendapatan juga kota dan kabupaten itu berbeda, di daerah kami banyak didiami petani dan nelayan, selebihnya kami mengandalkan pasar dan investor-investor lainnya,” urai Irham.

Sementara peraturan daerah (perda) yang saat ini dalam proses pembahasan, lanjut Irham, adalah perda tentang sarang burung walet yang cukup berpotensi di Konsel.

“Selanjutnya yang menjadi program DPRD adalah sosialisasi perda sangat penting sebagai konsultasi publik secara berskala. Kami juga rutin melakukan kegiatan-kegiatan kunjungan ke desa-desa untuk melihat langsung ke lapangan,” tutup Irham.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *