BPDAS Sampara Target Rehabilitasi Hutan dan Lahan Seluas 450 Hektar

Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan BPDAS Sampara Carles S. Hut (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Kendari – Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS), Sampara kembali menargetkan melakukan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), seluas ratusan hektar di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 20204 ini.

Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan BPDAS Sampara Carles S. Hut mengatakan tahun ini pihaknya bakal melakukan rehabilitasi hutan dan lahan dalam kategori hutan kritis seluas 450 hektar.

“Tahun ini target kita, melakukan rehabilitasi seluar 450 hektar,” katanya kepada media ini, Senin (20/05/2024).

Rehabilitasi ini lanjutan dia, tersebar di tiga Kabupaten di Bumi Anoa yakni, Kabupaten Muna, Bombana dan juga Kabupaten Kolaka Utara.

“Dua ratus hektar di Kabupaten Muna kemudian sisanya ada di Kabupaten Kolaka Utara dan di Bombana,” jelasnya.

Saat ini menurut Carles, proses rehabilitasi kawasan hutan dan lahan tersebut, sudah dalam tahap pendistribusian bibit di masing-masing wilayah.

“Sekarang sudah tahap penanaman dan distribusi bibit. Di Kabupaten Muna kita sudah melakukan penanaman sekitar 80 hektar dari 200 Hektar itu. Bibitnya itu, dari persemayan pembibitan BPDAS di Pungaluku,” ungkapnya.

Kegitan rehabilitasi ini kata dia, ditargetkan rampung sebelum musim kemarau, atau pada bulan Agustus tahun 2024 mendatang ini.

“Yang jelas sebagai sekarang sudah mulai penanaman. Nanti target luasan secara keseluruhan itu, kita perkirakan diakhir musim hujan tahun ini. Menurut data BMKG di bulan bulan Agustus insha Allah sudah rampung 100 persen,” bebernya.

Program RHL dalam kategori hutan kritis ini tambah, Carles mengalami peningkatan di banding tahun 2023 lalu, dimana kata dia tahun 2023 lalu program RHL hanya 380 hektar.

“Tahun ini kita ada kenaikan, tahun lalu itu hanya 380 hektar,” tutupnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *