Rusman Emba Jagokan Alvian Ali Mazi Pimpin Koni Sultra

Bupati Muna Rusman Emba (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id, Kendari – Jika tidak ada aral, agenda pemilihan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal digelar dipenghujung Maret 2022. Sejumlah nama seperlti Alvian Ali Mazi, Rajiun Tumada, Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka, Rusman Emba disebut sebut bakal maju untuk memimpin induk organisasi olahraha di bumi anoa ini.

Terkait agenda pemilihan Ketua Koni melalui Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Sultra, Rusman Emba mengaku belum berfikir untuk maju dan belum melakukan konsolidasi kepada pemilik suara seperti Pengurus Provinsi (Pengprov), Koni Kabupaten dan Kota. Namun jika diminta oleh pemilik suara dirinya siap untuk mengemban amanah dan memimpin Koni Sultra.

“Hingga saat ini saya belum kepikiran untuk maju sebagai ketua Koni Sultra. Tetapi jika diminta oleh mayoritas Pengurus olahraga Provinsi dan Kabupaten dan Kota di Sultra saya siap,”ujarnya kepada sejumlah wartawan saat ditemui dikediamannya di Kendari, Rabu, (23/03/2022) malam.

Namun demikian, Bupati Muna itu justru lebih menjagokan putra Gubernur Sultra Alvian Ali Mazi untuk memimpin Koni Sultra periode 2022-2026 mendatang.

“Kalau saya lebih menjagokan Alvian Ali Mazi yang jadi Ketua Koni Sultra ketimbang seperti saya. Alvian masih mudah dan sangat potensi untuk berkonsentrasi mengurus dan membina serta melahirkan atlit berprestasi di masing masing cabang olahrga,”katanya.

Bupati dua periode di Bumi Sowite itu mengaku, Alvian Ali Mazi merupakan sosok ideal dan masih mudah untuk karir kedepannya. Selain itu Alvian jika dipercaya untuk memimpin Koni Sultra akan dengan muda bermitra dengan Pemerintah Provinsi dalam hal ini konsolidasi, komunikasi termasuk anggaran.

“Saya kira, jika Alvian yang jadi Ketua Koni Sultra, maka kerja kerja Koni dalam rangka mengkoordinir Pengurus Olahraha Provinsi dan Koni Kabupaten Kota akan lebih cepat. Hal itu dikarenakan kedekatan dengan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Sultra Ali Mazi SH,”akunya.

Mantan Senator DPD RI dan politisi PDIP ini menambahkan, siapapun yang maju mencalonkan diri di Koni Sultra, potensinya memenangkan sama. Namun demikian Alvian yang sementara menuju puncak, perlu diberikan ruang untuk menunjukkan kapasitasnya dalam membesarkan Koni dengan pembinaan seluruh cabang olahraga dalam rangka pembinaan atlit yang berprestasi.

“Selain itu organisasi sebesar Koni ini, bila Alvian yang pimpin tidak akan dibawa kemana mana. Tetapi akan fokus di pembinaan dan prestasi olahraga, baik itu di level Daerah maupun level nasional,”tandasnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *