Peduli Lingkungan, LKP Sultra Tanam Mangrove di Kolaka

Penanaman bakau atau mangrove yang dilakukan oleh puluhan mahasiswa Perikanan Wilaya Sulawesi di teluk Kolaka. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,.Kendari – Kepedulian akan lingkungan, Lembaga kemahasiswaan perikanan (LKP) Sulawesi Tenggara (Sultra) di bawah naugan Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) Wilayah VI (Se Sulawesi) melakukan penanaman mangrove di pesisir laut di Kabupaten Kolaka.

Koordinator Himapikani Wilayah VI Sulawesi Alim Amry Nusantara mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan kegiatan ekspedisi hijau yang di adakan oleh Lembaga kemahasiswaan perikanan Sultra berkolaborasi dengan Himapikani.

“Inikan kegiatanya ekspedisi hijau yang diadakan LKP Sultra. Tujuanya untuk membantu pemerintah dalam melakukan penghijauan, khususnya di daerah daerah pantai seperti di Kolaka ini,”ujarnya melalui pesan whatsApp, Selasa (20/04/2021).

Dikatakan, kegiatan ekspedisi hijau ini bukan hanya saja di lakukan di Kabuptan Kolaka, namun sebelumnya telah melakukan kegiatan yang sama di pesisir teluk kota Kendari dengan menanam ribuan pohon mangrove kemudian akan dilanjutkan lagi di Kabuputan Muna dan terakhir di Kota Bau-Bau.

“Titiknya kemarin kita di Kendari hari ini Kolaka, setelah disini di Muna kemudian penutupanya di Baubau ada empat titik,”jelasnya.

Selain itu kata dia, kegiatan penanaman ribuan pohon mangrov turut melibatkan sejumlah komunitas dan juga organisasi kepemudaan yang ada di Sultra termasuk instansi pemerintah.

Tujuan dari kegiatan ini sendiri tambah guna untuk menghijaukan lingkungan pesisir dan memberi kesadaran kepada masyarakat agar lebih memperhatikan wilayah pesisir untuk mencegah terjadi abrasi.

“Penanaman ini adalah selain untuk menghijaukan lingkungan pesisir juga sebagai stimulus para pemuda untuk lebih memperhatikan pesisir dan juga sebagai upaya mencegah terjadinya abrasi karena sebagian besar wilayah mangrov kita sudah mengalami kerusakan,”tutupnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *