Dukung Pembangunan Kawasan Industri di Konut, Ruksamin Pertemukan Para Pemilik IUP

Bupati Konut Ruksamin saat memberikan keterangan pers (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id, Kendari – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menfasilitasi pertemuan para pemilik izin usaha pertambangan (IUP).

Bupati Konut H Ruksamin mengatakan pertemuan dengan para pemilik UIP tersebut dilakukan, guna membahas rencana usulan pembangunan smelter dan kawasan industri di daerahnya.

“Pertemuan hari ini kita menfasilitasi, ada usulan suatu perusahaan yang akan membuka kawasan industri, yang mana di dalam usulannya tersebut itu ada beberapa yang menyangkut IUP mereka,” ucap Ruksamin, usai menggelar pertemuan di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (10/03/2021).

Pemkab Konut, lanjut dia, mendukung rencana usulan tersebut, terlebih lagi cadangan nikel yang ada di Konut terbilang besar.

“Pemerintah Kabupaten Konawe Utara melalui RPJMD-nya, melalui RTRW-nya itu sudah jelas dan harus kita tindaklanjuti. Apalagi, 47 persen nikel ada Konawe Utara, masa kita ada nikel baru ndak ada smelter,” jelasnya.

“RTRW kita mendukung, yang kedua RTRW provinsi dan RPJMN yang baru ditandatangani bapak presiden di Bab III, di situ dalam peta dinyatakan dua kawasan industri yang akan dibangun di Konawe Utara. Makanya ini kita jemput bola,” tambahnya.

ODEK/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *