Bupati Kolaka Pimpin Apel “Ketupat Anoa 2021” Bersama TNI dan Polri

Bupati Kolaka H Ahmad Safei saat meninjau pasukan Apel "Ketupat Anoa 2021" di pelataran Rumah Adat Kabupaten Kolaka (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Ketupat Anoa 2021” dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M dimasa Pandemi Covid-19 di pelataran Rumah Adat Kolaka, jalan Dermaga Pelabuhan Ferry Kelurahan Latambaga, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Rabu (05/05/2021).

Gelar pasukan ini dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Anoa-2021, Kita Tingkatan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Adapun bertindak selaku Pemimpin Apel yakni Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH, MH, Perwira Apel Kabag Ops Polres Kolaka AKP, Basri, SH dan Komandan Apel IPDA Busranuddin, S.Sos.

Bupati Kolaka, H Ahmad Safei yang menjadi inspektur upacara dan membacakan Amanat Kepolisian Republik Indonesia (KAPOLRI).

Kesiapan mental dan fisik saudara yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Hindari sikap dan tindakan-tindakan tidak simpatik dan arogan yang tidak mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Dia juga melanjutkan kegiatan ini, harus dilakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan, antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H di seluruh wilayah, khususnya daerah yang memiliki kerawanan serta berpotensi menjadi target para pelaku.

Gelar kekuatan Polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta di titik – titik rawan kriminalitas, titik- titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan kepolisian guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Utamakan keselamatan anggota yang bertugas di lapangan dengan mencermati perkembangan situasi saat ini, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, aman serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

H Ahmad Safei juga menegaskan, harus mewaspadai maraknya aksi tawuran antar warga, sweeping atau razia tempat hiburan oleh kelompok masyarakat serta berbagai bentuk gangguan kamtibmas lainnya yang dapat mengganggu situasi kamtibmas pada Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Cegah terjadinya aksi balap liar, kebut-kebutan, pengendara motor yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas seperti pengendara motor dengan knalpot bising, penumpang yang duduk di kap kendaraan, penggunaan kendaraan tidak sesuai dengan peruntukannya dan lainnya, dan gandeng tokoh agama dan stakeholder terkait lainnya untuk sosialisasikan secara masif agar masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling.

Dalam pelaksanaan kegiatan ibadah baik di bulan Ramadhan maupun saat Idul Fitri agar senantiasa mempedomani surat edaran menteri agama Nomor:SE.03 tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri tahun 1442 H/2021 M. Cegah agar masyarakat tidak bermain petasan maupun kembang api yang membahayakan keselamatan jiwa pada saat Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Koordinasikan dengan satgas Covid-19 dan stakeholder terkait lainnya untuk lakukan pengawasan secara ketat terhadap tempat-tempat wisata agar membatasi jumlah pengunjung maksimal 50% dari daya tampung.

Satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga.

Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas maupun kamseltibcarlantas.

Gelar peralatan dan berdayakan sarana prasarana Polri guna mendukung pelaksanaan tugas pengamanan Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Bupati Kolaka mengimbau agar jalin kerjasama yang harmonis dan sinergis dengan seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat dalam rangka mewujudkan sinergi polisional yang pro aktif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dalam kegiatan Apel ini, turut hadir Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH, MH, Dandim 1412/Kolaka Letkol Inf Risa Wahyu Pudji Setyawan BS.,M.Han, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, S.I.K, M.Si, Dansubdenpom XIV/3-1 Lettu CPM Kahar, Danposal Kolaka Letda Laut (S) D. Surya Candra, A.Md, Ka Kejaksaan Negeri Kolaka, Kapos SAR Kolaka Zulkifli, Sekdis Pol PP Koltim Sam Yosmidirta. S.Sos, Ka. UPP Kolaka, Kabid BPBD Kab. Kolaka dan Pimpinan Perusahaan Pelayaran.

YUSRI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *