Tina Nur Alam Sebut Media Digital Penting untuk Menarik Wisatawan

Anggota DPR RI Hj Tina Nur Alam (Kanan) saat menerima plakat penghargaan dari Kementerian Pariwisata. ( FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Kendari – Terobosan dalam rangka memajukan dan memperkenalkan potensi wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) penting untuk memanfaatkan media digital. Branding melalui media digital akan lebih mudah dalam melakukan promosi kepada masyarakat luas.

Pernyataan tersebut disampaikan Anggota Komisi X DPR RI Hj Tina Nur Alam dalam acara bimbingan teknis (bimtek) strategi promosi pariwisata dan ekonomi kreatif disalah satu hotel di Kendari, Senin (25/04/2022).

“Salah satu komponen yang paling penting adalah branding dan pemanfaatan media sosial agar menarik wisatawan,”ujarnya dalam memberikan sambutan.

Menurut politisi NasDem itu, branding merupakan salah satu strategi pemasaran pariwisata yang harus dilaksanakan oleh pelaku usaha destinasi pariwisata.

Brand destinasi akan mampu memperkenalkan produk suatu destinasi wisata serta mengkomunikasikan keunikan destinasi tersebut secara visual, sehingga memudahkan destinasi untuk menjual produknya ke pasar pariwisata tersebut.

“Tetapi harus diingat bahwa brand destinasi memiliki arti yang tidak hanya sebatas slogan, tagline atau logo destinasi saja,”katanya.

Istri mantan Gubernur Sultra H Nur Alam itu mengatakan, brand suatu destinasi harus mencakup keseluruhan destinasi yang di dalamnya terdapat nilai, filosofi, budaya serta harapan masyarakat atau stakeholder di dalam destinasi begitupun dengan media digital.

“Kemajuan teknologi saat ini mesti dimanfaatkan dengan baik. Apalagi hampir seluruh masyarakat sudah melek teknologi dengan hadirnya smartphone yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja,” jelasnya.

Ditambahkan, melalui media digital, baik berupa website, blog, video blog atau vlog, media sosial ataupun audio digital memberikan ruang yang besar bagi pelaku usaha pariwisata dan ekraf untuk dapat berkembang dalam pemasaran destinasi dan produk.

“Brading dan pemanfaatan media digital yang tepat tentu akan berdampak bagi suksesnya pelaku usaha pariwisata maupun ekonomi kreatif di Sultra,”tambahnya.

Anggota DPR RI Dapil Sultra ini juga optimis, pariwisata dan ekonomi kreatif Sultra akan terus maju dan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.

“Karena sektor pariwisata dan ekraf merupakan salah satu sektor strategis yang dimanfaatkan sebagai bagian dari pembangunan nasional dan daerah,”pungkasnya.

TIM

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *