Lepas 23 Calhaj Asal Konsel, Ini Pesan H Surunuddin

Bupati Konsel H Surunuddin Dangga (kiri) saat menyerahkan Pataka Konawe Selatan kepada ketua rombongan jamaah haji asal Konsel untuk selanjutnya menuju Baitullah, Mekka untuk menunaikan ibadah Haji. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Sebanyak 23 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dilepas secara resmi oleh Bupati H Surunuddin Dangga untuk selanjutnya menuju Asrama Haji di Kendari san menunggu keberangkatan menuju Baitullah Mekkah, Arab Saudi, bertempat di gedung Islamic Center Andoolo. Jumat, (17/06/2022).

Orang nomor satu di Konsek itu menyampaikan selamat kepada para calon jemaah haji yang merupakan pilihan yang beruntung. Sebab diluar sana masih banyak yang masih menunggu antri.

“Kita mesti bersyukur tahun ini, masyarakat kita sudah bisa melaksanakan rukun Islam yang ke lima. Mudah-mudahan kesempatan yang diberikan ini bisa digunakan sebaik mungkin,” ujar Surunuddin.

Karena, sambung bupati dua periode ini, selama dua tahun dilanda pandemi Covid- 19, jemaah calon haji di Kabupaten konsel tidak bisa berangkat ke tanah suci.

” Alhamdulillah hari ini l, ada 23 orang jemaah calon haji dari konsel bisa diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. Semoga perjalanan jamaah calon haji kita diberikan keselamatan, dari mereka berangkat sampai kembali,” harap Surunuddin.

Menurut, Surunuddin ibadah haji merupakan ibadah yang mengandalkan fisik, olehnya itu, Surunuddin meminta para jemaah menjaga kesehatannya supaya bisa melaksanakan haji dengan lancar dan khusyuk.

“Pesan saya kepada seluruh calon jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatan, selain itu jemaah agar mendoakan kabupaten konsel aman, damai, tentram, dan tertib, sehingga pemerintah daerah mudah melaksanakan pembangunan sebagaimana visi misi Konsel yaitu Desa maju konsel hebat,”katanya berpesan.

Sementara itu Kabag Kesra Setda Konsel, Hamlin Ode Makka mengatakan, jumlah jemaah haji berdasarkan kuota untuk kabupaten konsel, itu sebanyak 25 orang. Namun satu jemaah meninggal dunia. Dan satu lagi berhalangan karena sakit.

“Untuk jemaah yang meninggal itu atas nama sulastri dari kecamatan kolono, sementara untuk jemaah yang sakit atas nama Anwar S dari Ranomeeto,”ungkapnya.

Untuk jemaah haji terbanyak berasalkan daerah terbanyak pertama yaitu, Kecamatan Tinanggea 7 orang, Benua 4 orang, Palangga 3 orang, Laeya, Ranomeeto, Baito masing-masing 2 orang dan kecamatan Konda 1 orang.

“Kalau berdasarkan usia jemaah haji termuda berasal dari Kecamatan Konda atas nama Muh. Andika Saputra Palewo (19). Kemudian untuk jemaah tertua bernama Abdul Madjid (63) asal Kecamatan Baito,”sebutnya.

Ditambahkan, untuk keberangkatan dijdwalkan tanggal 22 Juni 2022 menuju embarkasi sudiang makasar. Proses penerimaan di embarkasi 23 juni pukul 08:00 wita.

“Tanggal 24 pukul 04:00 wita menuju Jeddah Arab Saudi bergabung pada kloter 8. Untuk kepulangan tiba di tanah air tanggal 5 Agustus 2022,”tutup Hamlin.

USAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *