Waspada Musim Penghujan, DBD Mengintai

Kepala Dinas Kesehatan Konawe Selatan dr Boni L Pramana saat memberikan keterangan Pers. (FOTO : HERMAN)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Musim penghujan awal tahun 2024 masyarakat Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diminta untuk mewaspadai penularan penyakit melalui jentik nyamuk. Penyakit meular yang biasa disebut Demam Bardarah Dengue (DBD) saat ini telah mewabah termasuk di Konsel. Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan terlebih dulu melakukan antisipasi dengan kesiap siagaan di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit.

“Pementah telah melakukan himbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai munculnya wabah DBD. Untuk itu pemerintah melalui Dinas Kesehatan telah melakukan sejumlah upaya termasuk pemberian abate kepada warga. Selain itu kesiap siagaan Puskesmas dan Rumah Sakit juga demikian,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Konsel dr Boni L Pramana disela sela konperensi pers bersama awa media di Kantor Bupati Konsel, Rabu, (17/01/2024).

Menurut Dokbon (panggilan Akrab dr Boni L Pramana) wabah penyakit DBD di wilayah Konawe Selatan khususnya di sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit telah dilakukan penanganan medis sehingga dapat tertangani dengan baik, termasuk kesiapan rawa inap, jika ada warga yang tertular penyakit DBD.

“Seluruh Puskesmas di wilayah Konsel telah memberikn himbauan untuk mewaspadai DBD. Kepada warga diingatkan untuk melakukan bersih bersih pekarangan. Menutup bak dan barang bekas yang biasa tempat berkembang biak jentik nyamuk. Membuang sampah pada tempatnya dan lainnya,”katanya.

Terkait kesiapan perawatan untuk penanganan pasien yang terinfeksi DBD, mantan Dirut RSUD Konsel ini mengaku selalu siap, mulai perawatan, pemgobatan dan lainnya.

“Semua Puskesmas dan Rumah Sakit selalu siap sedia untuk memberikan pelayanan kesehatan, termasuk jika ada pasien yang terjangkit DBD,”tandasnya.

DLI

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *