Warga Kemabli Temukan Aktivitas Ilegal Mining di Wilayah PT AABI Bombana

Salah satu lokasi pertambangan emas di WIUP PT Anugerah Alam Buana (FOTO : DOK)

BeritaRakyat.id,. Bombana – Aktivitas ilegal mining di Kabupaten Bombana, Kecamatan Rarowatu Utara, Desa Wumbubangka hingga saat ini diduga masih terus berlangsung.

Hal itu, berdasarkan pengakuan warga kepada media ini. Kata dia pihaknya kembali menemukan adanya aktivitas pertambangan emas, di wilayah IUP PT Anugerah Alam Buana Indonesia (AABI) Kecamatan Rarowatu Utara.

“Masih ada kegitan pengolah menggunakan alat excavator dengan ceuser mini dan tromol. Lokasinya di wilayah Anugerah Alam Buana Indonesia (AABI),” kata sala satu warga Desa Wumbubangka Kecamatan Rarowatu Utara yang tidak mau disebutkan identitasnya, Kamis (16/11/2023).

Aktivitas pertambangan emas secara Ilegal di wilayah anak perusahaan PT Panca Logam Makmur itu lanjut dia, warga menemukan satu unit Excavator, 20 tromol (alat pengolahan emas) dan 8 unit ceuser mini.

“PT AABI ini, anak perusahaannya PT Panca Logam Makmur, itu masih dalam kawasan hutan produksi juga mereka mengolah. Sampai tadi pagi itu masih ada kegitan, tapi kurang tau kalo sore sekarang ini,” ungkapnya.

“Kita juga sudah sampaikan sama pa kapolres mungkin sudah ada yang turun cek anggota di lapangan. Yang jelas tadi pagi masih ada kegitan,” tambahnya.

Menurut dia, aktivitas Ilegal mining itu diduga dilakukan atau atas perintah salah satu masyarakat bernama Kamaludin atau H Kama.

“Katanya yang punya H Kama. Itu lokasinya H Kama berdasarkan SKT yang mereka punya,” tutupnya.

Sementara itu Kapolres Bombana AKBP Roni Syahendra mengaku, belum mengetahui pasti soal ada dugaan aktivitas pertambangan emas di kawasan PT AABI tersebut.

“Belum ada bang, saya belum tau. Coba ke Kesat Reskrim yah saya belum dilaporkan soal itu sama Kasat,” singkatnya melalui sambungan telepon WhatsAppnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *