Wakapolres Ingatkan Anggota Untuk Meneladani Nabi Muhammad Saat Peringati Maulid

Wakapolres Buton Kompol Tiswan saat memberika. Pengarahan kepada anggota saat pelaksanaan maulid Nabi Muhammad SAW. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Buton – Kepolisian Resor (Polres) Buton menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2023 M, yang berlangsung di Masjid Baitul Zannah Polres Buton. 03/10

Peringatan Maulid Nabi kali ini mengusung tema “Dengan meneladani akhlak Rasulullah SAW kita tingkatkan kinerja dengan ikhlas dan cerdas guna mewujudkan Polri Presisi Indonesia maju”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Kompol Tiswan, para Pejabat Utama Polres Buton, Kapolsek Jajaran, seluruh personel Polres Buton dan Ibu-ibu Bhayangkari.

Kegiatan ini juga di isi Tauziah oleh Ustad Lukman. Wakapolres Buton, Kompol Tiswan dalam sambutannya menyampaikan bahwa memperingati hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, ini merupakan suri tauladan bagi umat Islam di seluruh dunia setiap tanggal 12 rabiul awal.

“Melalui peringatan ini kita bisa mengenang kembali sejarah dan perjuangannya dalam mendakwakan ajaran tauhid yakni agama Islam. Kita juga patut mengambil pelajaran beliau dalam kehidupan serta meneladani sifat sifat mulia yang dimilikinya,” ujar Kompol Tiswan.

Menurut Kompol Tiswan ada tiga hikmah dari peringatan Maulid Nabi, pertama perbanyak shalawat untuk Rasulullah Shallallahhu Alaihi Wasallam. Kedua, memperkuat rasa cinta Umat Islam kepada Rasulullah dan ketiga memperkuat iman kita untuk terus istiqamah.

Sementara itu, Ustadz Lukman dalam tausiahnya menyebutkan Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai sosok yang sangat dermawan dan murah hati, hikmah pertama yang bisa dipetik adalah pentingnya berbagi dan berbuat baik terhadap sesama manusia.

Selanjutnya, Nabi Muhammad SAW menjadi contoh paling sempurna sebagai seorang pemimpin yang adil. Hikmah yang dapat diambil adalah, pentingnya memperlakukan semua orang secara adil, tanpa memandang suku, ras dan agama.

Nabi Muhammad juga merupakan sosok yang tekun, meski menghadapi berbagai cobaan dan tantangan dalam menjalani kehidupannya, Nabi Muhammad SAW tetap bersikap sabar dan tekun dalam menjalani tugas-tugasnya. Ini mengajarkan setiap manusia agar tetap teguh dan bersabar dalam menghadapi ujian kehidupan.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembacaan pemenang pohon male, dimana diraih oleh Bag SDM Polres Buton yang dipimpin oleh Kabag SDM Polres Buton, AKP Najamudin, S.H.,MH.

Untuk diketahui, pohon Male terbuat dari batang pisang yang dihias segala pernak-pernik termasuk didalamnya dilengkapi dengan telur ayam, buah-buahan serta makanan khas Sulawesi yaitu Songkolo yang terbuat dari ketan.

USAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *