Unjuk Rasa Atasnamakan Organisasi Islam, Massa Pakai Jubah Putih Dipertanyakan NU

Drs KH Ryha Madi

BeritaRakyat.id, Kendari –  Gerakan kelompok massa pemakai jubah putih yang menggelar aksi unjuk rasa di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020), dipertanyakan pihak Nahdatul Ulama (NU). Pasalnya, mereka mengatasnamakan kepengurusan salah satu organisasi Islam yang tidak pernah disampaikan ke NU dan MUI.

Rais Syuriah (Pemimpin para Kiai) PW MUI Sultra, Drs KH Ryha Madi, mengaku kaget dengan gerakan yang mengatasnamakan pengurus besar Islam tersebut.

“Apabila dikaji secara organisasi hukum negara, itu dinyatakan keliru karena pembentukan pengurus besar itu semestinya kewenangan di pusat (Jakarta) bukan di provinsi,” terang Ruha Madi.

Lanjut Tokoh NU Sultra itu menegaskan, bila ada organisasi keagamaan yang mengatasnamakan organisasi Islam tingkat Sultra, harusnya ada tembusan atau pemberitahuan kepada majelis ulama yang ada di Sultra, seperti NU dan MUI sebagai bentuk pengawasan.

Adanya pergerakan massa tersebut, Ryha Madi meminta pihak pemerintah, dalam hal ini Kanwil Kemenag Sultra dan Kesbangpol, agar menganggedakan pertemuan dengan mengundang kelompok yang mengatasnamakan pengurus organisasi Islam itu.

“Bagusnya nanti ada forum, hadirkan mereka demi menciptakan situasi kantibmas yg kondusif, ” pungkasnya.

CHAIRUL ARQAM/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *