UKM di Griya Melon Kendari Dilatih Cara Pemanfaatan Marketplace Facebook Sebagai Media Promosi

Tim PKM Dosen Fakultas Pertanian Bersama Mahasiswa Usai Melakukan Pelatihan di Griya Melon Kendari (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,. Kendari – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian, Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Facebook sebagai Media Promosi dan Pemasaran Tanaman Melon Hidroponik pada UKM Griya Melon Kendari.

Anggota Tim PKM, Dhian Herdhiansyah menjelaskan, pelatihan digelar selama satu bulan, yakni April hingga Mei. Pelatihan dilakukan karena UKM Griya Melon Kendari sudah berulang kali bermitra dengan Fakultas Pertanian UHO, baik dalam kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh Dosen Pertanian.

“Kita lakukan pelatihan ini karena pelaku usaha/petani UKM Griya Melon kendari masih menggunakan metode pemasaran konvensional dan belum terdigitalisasi. Selama kondisi covid-19 mengalami kendala dalam memasarkan produk melon hidroponik, akhibatnya penjualannya menurun,” Ucap Dhian Herdhiansyah, Selasa (15/08/2023).

Kata dia, pelatihan dan penyuluhan penggunaan Marketplace Facebook sebagai Media Promosi dan Pemasaran kepada para petani dilaksanakan secara berkala hingga petani mahir menggunakan marketplace tersebut.

“Selama pelatihan, para UKM Griya Melon kendari dituntun sampai mampu memanfaatkan Marketplacw Online Facebook sebagai media untuk mempromosikan serta memasarkan hasil pertaniannya, sehingga dengan memanfaatkan marketplace Facebook dapat meningkatkan jumlah permintaan dan penjualan dari UKM Griya Melon Kendari,” katanya.

“Sosialisasi pengenalan market place facebook kepada petani di UKM Griya Melon Kendari untuk membekali mitra dengan pengetahuan dan pemahaman, menarik minat mereka dan meningkatkan kesadaran akan kegiatan ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terdiri dari, Prof. Dr. Ir. R. Marsuki Iswandi, M.Si sebagai ketua, sedangkan anggota terdiri dari, Dr. Ir. Lukman Yunus, M.Si, Dr. Dhian Herdhiansyah, S.Pd., M.P, Yusriadin, S.P., M.P dan Wa Ode Nafilawati, S.TP., M.Si.

BURHAN ODE

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *