Tujuh Tahun Berturut-turut Raih Opini WTP, Ali Mazi: Penghargaan Ini Menjadi Suplemen

Gubernur Sultra Ali Mazi (kiri) menerima penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sultra Arif Wibawa atas peraihan opini WTP. (FOTO: IST)

BeritaRakyat.id – Sudah tujuh tahun berturut-turut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dinilai berhasil mengelolah keuangan daerah dengan baik, dengan mendapat penilaian atau opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Atas penilaian itu, Rabu (04/11/2020), secara resmi Gubernur Sultra Ali Mazi menerima penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sultra Arif Wibawa.

Dalam sambutannya, Ali Mazi menyebutkan bahwa penghargaan yang diterimanya itu menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan Pemprov Sultra semakin baik, transparan, dan akuntabel.

“Pengharagan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, khususnya dalam meningkatkan kualitas manajemen keuangan negara untuk mendukung pembangunan menuju Indonesia yang maju dan sejahtera,” ujar Ali Mazi.

Namun, katanya, pencapaian WTP bagi daerah sebenarnya bukan tujuan akhir. Melainkan, sebuah sarana yang menggambarkan kondisi sebuah penyelenggaraan pemerintahan daerah yang telah mampu menerapkan transparansi dan good governance, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah.

Dalam kesempatan itu, Ai Mazi juga mengemukakan bahwa ke depan pihaknya akan terus meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan dan secara bertahap mengurangi tingkat ketergantungan pemerintah dari dana transfer pemerintah pusat.

“Penghargaan ini menjadi suplemen penambah motivasi, pelecut spirit yang insyaallah membuat kami semakin bergairah untuk terus bekerja dan memberikan karya terbaik dalam pembangunan daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sultra Arif Wibawa mengatakan, penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemprov Sultra menunjukkan semakin meningkatnya kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Arif juga menyinggung perihal kinerja pemerintah daerah pada tahun anggaran 2020 ini. Dia meminta agar di sisa tahun anggaran 2020 ini, Pemprov Sultra dapat terus memacu kinerjanya untuk mencapai target serapan anggaran.

CHAIRUL ARQAM/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *