Tiga Bapaslon Penuhi Syarat, 23 September Penetapan Calon

Ketua KPU Konsel Aliudin saat memberikan keterangan pers. (FOTO : AKBAR)

Beritarakyat.id,. Konawe Selatan – Tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara, sudah melakukan pendafatan di KPU Konsel. Ketiga pasangan itu masing-masing, Muh Endang SA – Wahyu Ade Pratama Imran, Surunuddin Dangga – Rasyid, dan Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae dinyatakan memenuhi syarat.

Tiga pasangan calon yang telah menuntaskan pendaftarannya di KPU Konsel sejak tanggal 4-6 September 2020 ini, selanjutnya menunggu penetapan calon yang akan dilaksanakan 23 September melalui sidang pleno KPU Konsel. Dua hari setelahnya, KPU bakal mengundang tiga pasang calon untuk menghadiri pengundian nomor urut.

“Semua pasangan calon yang mendfatar di KPU Konsel dinyatakan memenuhi syarat dan sah. Tiga pasangan calon yang telah mendaftar tersebut selanjutnya akan ditetapkan melalui pleno KPU pada tanggal 23 september mendatang,” ujar ketua KPU Konsel, Aliudin kepada media ini, Minggu (06/09/2020).

Dikatakan, dari tiga pasang calon yang mendaftat itu kesemuanya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan PKPU. Meski sebelumnya ada bakal calon yang mendaftar tidak menyertakan hasil swab, tetapi itu tidak membuat calon tersebut tidak memenuhi syarat. Hasil swab kepada pasangan calon sesuai dengan PKPU 20 tahun 2020 adalah kewajiban pasangan calon untuk menyertakan swab.

“Karena pasangan Muh Endang – Wahyu tidak menyertakan hasil swab, KPU dengan tegas tidak mengizinkan masuk di area pendaftaran. Tetapi syarat pencalonannya telah terpenuhi dan sah,” katanya.

Terkait hasil swab yang tidak disertakan oleh pasangan Muh Endang – Wahyu Ade Pratama Imran itu, masih akan berlanjut di tahapan selanjutnya yakni di pemeriksaan kesehatan dan tahap lain hingga debat publik.

“Jika beliau belum menyerahkan dokumen hasil pemeriksaan swab, pasangan ini tidak bisa memeriksakan kesehatan. Karena untuk swab pasangan calon dibiayai secara mandiri. Sementara untuk pemeriksaan kesehatan calon akan dibiayai oleh penyelenggara,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *