Tetapkan APBD-P, Pemda dan DPRD Konsel Sepakat Menunda Program Strategis

Plt Bupati Konsel Arsalim Arifin menerima hasil Perda APBD-P Konsel Tahun 2020 dari Wakil Ketua I DPRD Konsel Armal. (FOTO: IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Melalui rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Sabtu (17/10/2020), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) 2020 ditetapkan.

Sebelum penetapan APBD-P, Pelaksanaan Tugas (Plt) Bupati Konsel, Arsalim Arifin menanggapi pandangan umum fraksi-fraksi DPRD. Katanya, bila ditinjau dari sisi anggaran maka pihaknya telah menetapkan arah kebijakan umum yang mempertimbangkan beberapa indikator sebagai asumsi perubahan. Di antaranya, pencegahan dan penanganan Covid-19, penanganan dampak terutama bagi masyarakat kurang mampu, serta ketersediaan anggaran untuk program strategis.

“Untuk mendukung kelancaran program dan kegiatan yang ada, pengelolaan anggaran kas perlu lebih diintesifkan dengan mempertimbangkan ketersediaan kas secara tepat waktu, khususnya di bidang pelayanan ke masyarakat dengan tetap konsisten terhadap pembangunan berkelanjutan,” kata Arsalim.

Dengan mempertimbangkan kondisi keuangan daerah tersebut, DPRD dan Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel sepakat menunda banyak program strategis yang nantinya akan diluncurkan di 2021.

“Kini lebih intensif mendukung kelancaran pelaksanaan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta membiayai berjalannya rutinitas pelayanan pemerintahan,” tambah Arsalim.

Penetapan APBD-P itu sendiri dilakukan setelah seluruh fraksi di DPRD Konsel menyatakan menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD-P 2020 itu ditetapkan sebagai Perda.

Sementara itu, rapat paripurna penetapan APBD-P yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Konsel, Armal, dirangkaikan dengan penyerahan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2021 untuk dibahas di DPRD.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *