Temui Massa Pro – Kontra di Lahan PT WIN, Wabup Minta Sampaikan Aspirasi Tanpa Anarki

Wakil Bupati Konsel Rasyid S.Sos M.Si (Tengah Pakai Topi) saat menemui masa pro-Kontra di Lahan Tambang PT WIN di Desa Torobulu. (FOTO : HERMAN)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Dua kelompok masyarakat di Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan beda pendapat terkait keberadaan aktifitas pertambangan Nikel PT Wijaya Inti Nusantara (WIN), Pro dan Kontra warga Torobulu ini kemudian memantik sebagian warga untuk menghentikan aktifitas tambang, sementara sebagian besar warga lainnya mendukung langkah PT WIN untjk melakukan aktifitas pertambangan.

Dua kelompok warga ini selanjutnya melakukan aksi mendukung dan juga menolak aktifitas, karena dinilai telah di batas kewajaran melakukan penggalian hingga dekat dengan pemukiman dan jalan umum.

Aksi kedua bela pihak ini membuat jajaran Polres Konawe Selatan bersama Pemerintah melalui Wakil Bupati Konsel Rasyid S.Sos M.Si bersama inspektur pertamabangan ESDM Republik Indonesia.

“Kami hadir di tempat ini, bukan untik memihak kepada salah satu pihak. Tetapi kami datang di tempat ini untuk memintah keterangan atau aspirasi warga kepada Pemerintah untuk kemudian diberikan solusi. Untuk itu diminta kepada masing masing perwakilan untuk menyampaikan aspirasinya,”ujar Wakil Bupati Konsel Rasyid, S.Sos M.Si kepada seluruh massa yang hadir, Kamis, (05/10/2023).

Menurut orang nokor dua di Konsel ini, dari aspirasi atau ketarangan warga yang disampaikan ini untuk kemudian dilaporkan kepada Pemerintah Daerah atau kepada Bupati Konawe Selatan untuk diberikan solusinya.

“Jadi kami minta jangan beraekisih apalagi melakukan aktifitas yang daoat merugikan masyarakat itu sendiri. Karena kedua bela pihak semuanya bersaudara dan mendiami satu desa yang sama. Pak Bupati menjadwalkan, akan menemui warga bersana oa Kapolres pada Hari Senin, Sembilan Oktober pekan depan,”ungkapnya..

MAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *