Siap Bersaksi di MK, Bawaslu Konsel Belum Siapkan Pengacara

Komisioner Bawaslu Konsel Awaluddin AK (FOTO: DOK)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Setelah proses registrasi 18 Januari 2021 mendatang, sidang gugatan Pasangan Calon Bupati Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, Muhammad Endang-Wahyu Ade Pratama, di Mahkamah Konstitusi (MK) akan digelar 28 Januari. Badan pengawas pemilu (bawaslu) adalah salah satu pihak yang akan bersaksi di persidangan ini.

Menghadapi persidangan tersebut, pihak Bawaslu Konsel telah menyatakan kesiapannya. Bahkan Bawaslu RI melalui Bawaslu Sulawesi Tenggara sudah menyampaikan untuk hadir lebih awal sebelum tahapan persidangan.

“Insyaa Allah kami di Bawaslu Konsel sudah siap memberikan keterangan di Mahkamah Konstitusi terkait gugatan pasangan calon Endang-Wahyu di MK. Dari 60 poin yang didalilkan tersebut, jika Majelis Hakim MK meminta keterangan dari kami, maka keterangan akan kami sampaikan sesuai dengan apa yang menjadi wilayah kerja kami,” ujar Anggota Bawaslu Konsel Awaluddin AK kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (12/01/2021).

Saat ini, aku Awaluddin, pihaknya tengah mempelajari setiap dalil gugatan yang diajukan pasangan calon bupati dan wakil bupati berjargon Ewako itu.

“Kami akan memaksimalkan untuk memberikan jawaban atas gugatan, bila hakim MK meminta kepada kami sebagai pengawas dalam Pilkada,” akunya.

Namun demikian, ungkap Awal, sejauh ini pihaknya belum menyiapkan pengacara yang akan mendampingi saat proses persidangan nanti.

“Dibuka ruang untuk menyiapkan pengacara, tetapi hingga saat ini belum ada. Tetapi kalau itu dibutuhkan nanti akan disiapkan,” tandasnya.

Diketahui, gugatan yang dilayangkan Endang-Wahyu ke MK karena menolak hasil Pilkada Konsel 9 Desember 2020 lalu. Dalam dalil gugatannya, pasangan ini meminta MK mendiskualifikasi pemenang Pilkada, H Surunuddin Dangga-Rasyid, atau dilalukan pemungutan suara ulang secara keseluruhan atau di sebagian wilayah Konsel.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *