Sainal Amrin Resmi Diberhentikan sebagai  Ketua DPRD Kolaka

Suasana paripurna DPRD Kolaka tentang pemberhentian Ketua DPRD Kolaka. (FOTO : YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Pemberhentian, Sainal  Amrin, sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) telah diparipurnakan, Senin (28/09/2020).

Setelah rapat paripurna yang diikuti 28 anggota DPRD Kolaka itu digelar, maka Sainal Amrin resmi diberhentikan sebagai ketua untuk periode 2019-2024 itu. Kursi ketua sementara diisi wakil ketua, Husmaluddin dan Syarifuddin Baso Rantegau, sembari menunggu surat keputusan Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Jadi paripurna ke depannya, sudah dipimipin oleh wakil ketua apakah itu wakil ketua l atau wakil ketua ll,” kata salah satu anggota DPRD Kolaka, Musdalim Zakkir.

Lebih lanjut politisi Partai Gerindra itu menegaskan, jika kewenangan Sainal Amrin sebagai ketua DPRD Kolaka sudah tidak ada lagi.

“Selanjutnya kita tinggal menunggu SK gubernur untuk menggantikan posisi Sainal Amrin sebagai ketua,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Syarifuddin Baso Rantegau. Wakil Ketua yang menjadi Ketua DPRD Kolaka sementara ini mengatakan, SK pemberhentian dari Gubernur Sultra itu akan tiba 14 hari ke depan.

“Jadi paripurna tadi sudah tuntas di internal DPRD. Kita tinggal menunggu surat dari gubernur. Selama 14 hari itu sudah ada jawaban dari gubernur. Apabila gubernur tidak mengindahkan, bisa dituntut sesuai undang-undang yang berlaku,” ungkapnya.

Diketahui, pemberhentian Sainal Amrin sebagai Ketua DPRD Kolaka atas rekomendasi Partai Gerindra selaku partai pengusungnya saat pemilihan calon legislatif 2019 lalu.

YUSRI/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *