Kerap Vonis Bebas Kasus Korupsi, PN Kendari di Geruduk Masa

Ratusan masa yang tergabung dalam lembaga Aliansi Pemuda Pelajaran Sulawesi Tenggara saat mengeruk Kentor Pengadilan Negeri Kendari (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id, Kendari – Ratusan masa yang tergabung dalam lembaga Aliansi Pemuda Pelajaran (AP2) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggeruduk Kantor Pengadilan Negeri Kendari, Selasa (21/11/2023).

Kedatang masa aksi guna meminta penjelasan Ketua PN Kendari, atas dugaan vonis bebas dari sejumlah kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh hakim-hakim Tipikor PN Kendari.

Ketua Umum AP2 Sultra, Fardin Nage dalam orasinya menyampaikan, proses penegakan hukum di PN Kendari hari ini sedang tidak baik-baik saja.

“Kita ketahui bersama di Provinsi Sulawesi Tenggara hari ini, marak akan kasus korupsi, khususnya yang terjadi di Pengadilan Negeri Kota Kendari banyak kasus dugaan korupsi yang di vonis bebas oleh majelis hakim-hakim PN Topikor Kendari,” katanya.

Fardin Bilang banyak kasus dugaan korupsi yang di Vonis bebas oleh hakim Tipikor PN Kendari. Yang terbaru kasus dugaan korupsi PT MIDI Indonesia yang melibatkan pejabat di Pemkot Kendari.

Hal ini menurut Fardin tentu menimbulkan pertanyaan, apa dengan Ketua PN Kendari.

“Banyak kasus korupsi, marak akan kasus penyuapan tapi toh juga akan berhenti di pengadilan Negeri Kendari. Yang menjadi pertanyaan besar apakah Ketua Pengadilan Negeri masih punya integritas? ini merupakan penghianatan,” tegasnya.

Untuk itu pihaknya minta menantang Ketua PN Kendari untuk berdiskusi langsung, soal kasus-kasus yang di vonis bebas ole majelis hakim PN Topikor Kendari.

“Kami menantang ketua Pengadilan Negeri Kendari untuk berdiskusi langsung. Tetapi kalo adinda kita, ketua Pengadilan Negeri Kendari tidak mau berdiskusi langsung dengan kita, maka jangan salahkan kami menyegel dan bermlm di kantor yang megah ini,” bebernya

Sementara itu, Humas PN Kendari Putra Arya mengaku, ketua PN Kendari sedang tidak berada di kantor. Dirinya kata dia, akan segara menyampaikan tuntutan masa aksi tersebut kepada Ketua PN Kendari.

“Pimpinan tidak ada di kantor. Apa yang menjadi tuntutan teman-teman kita akan segera sampaikan ke pimpinan,”katanya singkat.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *