Resahkan Warga, Buaya Muara di Kolono Timur Ditangkap

Buaya yang resahkan warga Desa Lambangi, ditangkap dan dibawa ke Pos Polairud di Kecamatan kolono Timur. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Warga Desa Lambangi Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) dihebohkan dengan adanya penangkapan buaya, Senin (05/10/2020). Binatang buas berukuran sekira 2,6 meter dan lebar 50 centi meter tersebut ditangkap oleh warga setempat, di Muara Sungai Lambangi sekira pukul 07.30 WITa.

Penangkapan buaya muara ini dilakukan, setelah seorang warga melaporkan adanya seekor buaya baru saja turun ke sungai setelah naik ke darat memangsa ternak ayam. Oleh warga kemudian langsung menuju sungai dan melemparkan seekor ayam untuk menjadi umpan. Setelah dalam waktu yang tidak lama, ayam tersebut diterkam buaya dan kemudian warga langsung mengamankan buaya tersebut.

“Pak Rusdin yang pertama kali menangkap buaya tersebut dan dibantu oleh warga. Selanjutnya buaya berwana hitam itu kemudian diikat agar aman dan kemudian dibawa di Pos Polairud di Kolono Timur,” ujar Herman salah satu warga.

Menurut Herman, buaya yang berhasil ditangkap di Muara Kali Lambangi itu sudah meresahkan warga. Pasalnya selain menerkam ternak ayam dan peliharaan lainnya, juga menjadi ancaman bagi nyawa manusia, khususnya nelayan yang tiap hari beraktivitas di muara yang dekat dengan pinggir laut Teluk Kolono itu.

“Buaya yang tertangkap dan sempat menjadi tontonan warga tersebut sempat akan dipukuli warga. Tetapi, oleh sejumlah pihak agar buaya tersebut dibawa ke pos polairud untuk kemudian di bawah di BKSDA Sultra,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *