Rekapitulasi di KPU Tuntas, Ini Perolehan Suara Paslon Bupati dan Wabup Konsel

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada Konsel oleh KPU setempat berakhir. (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menuntaskan rapat pleno tekapitulasi perolehan suara hasil Pilkada Konawe Selatan (Konsel), Rabu (16/12/2020) dini hari. Hasilnya, pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati (wabup), Surunuddin-Rasyid meraih suara terbanyak.

Berdasarkan rekapitulasi, dari seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Konsel, pasangan Surunuddin-Rasyid meraih 75.985 suara. Kemudian, disusul pasangan Endang-Wahyu 73.359 suara. Sementara di posisi terakhir diraih paslon Rusmin Abdul Gani–Senawan Silondae yang meraih 20.606 suara.

Untuk jumlah keseluruhan suara sah tercatat sebanyak 170.050. Lalu, suara yang dianggap tidak sah ada 1.952, sehingga jika digabungkan suara sah dan tidak sah sebanyak 172.002.

“Rekapitulasi suara ditetapkan pada hari ini, dengan mengucapkan Bismillah, keputusan ini mulai berlaku dan ditetapkan di Andoolo 16 Desember 2020,” ujar Ketua KPU Konsel, Aliuddin sambil mengetuk palu sidang dalam rapat pleno tersebut.

Ditambahkan, untuk penetapan pasangan calon terpilih, KPU Konsel masih menunggu jika ada pihak yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa hasil.

“Jika ada yang menggugat, maka menunggu dulu keputusan Mahkamah Konstitusi. Tetapi jika tidak ada yang menggugat, KPU bakal menetapkan pasangan calon terpilih tiga hari setelah MK mengumumkan tidak adanya gugatan,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *