Rawan Disalahgunakan, Surunuddin Minta Warga Tak Sembarang Pinjamkan Sertifikat

Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat menyerahkan sertifikat kepada warga di Kecamatan Baito. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,. Konawe Selatan – Melalui program pemerintah pusat, Bupati Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, H Surunuddin Dangga telah membagikan ribuan sertifikat tanah gratis ke warganya.

Untuk membagikan sertifikat tersebut, Surunuddin berkunjung di setiap kecamatan hingga desa-desa dan membagikannya langsung ke warganya. Hal ini juga kembali ia lakukan, Kamis (3/09/2019), dengan membagikan 388 sertifikat ke warga Kecamatan Wolasi.

Di kesempatan itu, Surunuddin kembali mengingatkan warga agar sertifikat yang diperoleh disimpan sebaik mungkin. Jangan pernah dipinjamkan kepada orang kain karena berpotensi disalahgunakan sehingga merugikan pemilik sah.

“Simpan dan gunakan sebijak mungkin sertifikat yang diperoleh hang merupakan bentuk upaya dan kepedulian pemerintah daerah bersama BPN dalam melegalkan bidang tanah masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar Surunuddin.

Dikatakannya juga, jika memang sampai dipergunakan untuk kebutuhan, agar dimanfaatkan sesuai kemampuan dan hal yang mendesak saja, khususnya pada segmen penambahan modal usaha dengan tujuan perbaikan ekonomi.

“Agar bisa lebih bernilai, lahan sertifikatnya jangan dibiarkan kosong atau terbengkalai apalagi dijual, tapi tanami jenis tanaman budi daya yang hasil panennya bisa berproduksi setiap saat, juga sebagai bagian langkah mendukung ketahanan pangan di Konsel,” pintanya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *