Rajiun Dijadwalkan Persiksa Kesehatan, KPU Menunggu Hasil

Suasana penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan kepada bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di tujuh daerah Pilkada serentak di Aula HKM KPU Sutra. (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id, Kendari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulwesi Tanggara (Sultra), telah menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan 17 bakal calon kepala daerah dari tujuh daerah Pilkada di Sultra. Tersisa hasil pemeriksaan satu pasangan yakni Rajiun Tumada-La Pili yang belum diserahkan.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib mengungkapkan, belum diserahkannya hasil pemeriksaan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Muna tersebut, karena Rajiun dinyatakan positif terpapar Corona. Dengan demikian, ia belum menjalani tes kesehatan yang harus dijalani bakal calon kepala daerah.

“Untuk paslon LM Rajiun Tumada – La Pili belum dapat kita serahkan. Meski La Pili sudah memeriksakan kesehatannya bersama dengan bakal calon lainnya pada tahapan pemeriksaan kesehatan Bacalonkada, karena penyerahan kesehatan tersebut adalah pasangan calon,”ujar pria yang akrab disapa Ojo ini, Sabtu (12/09/2020) malam, di Aula Husni Kamil Manik Kantor KPU Sultra.

Katanya, pemeriksaan kesehatan Rajiun akan diadakan 16 September mendatang. Namun, itu bisa terlaksana apabila hasil swab lanjutan Bupati Muna Barat itu dintakan negatif Covid-19.

“Mudah-mudahan hasil swabnya sudah menunjukkan negatif, maka yang bersangkutan sudah dapat melakukan pemeriksaan. Untuk kemudian hasil pemeriksaan diserahkan sebagai syarat pencalonan dan akan diumumkan pada tanggal 23 September dan penarikan nomor urut pada tanggal 24 dan tahapan kampanye di tanggal 26 September,” jelasnya.

ODEK/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *