R-APBD 2021, Pemkab Kolaka Kolaka Target Rp1,3 Triliun

Bupati Kolaka H Ahmad Safei menyerahkan draft R-APBD kepada Wakil Ketua DPRD Kolaka H Syarifuddin Baso Rantegau. (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk tahun anggaran 2021 ditarget senilai Rp1,3 triliun.

Hal itu disampaikan Bupati Kolaka H Ahmad Safei dalam pidato pengantar nota keuangan R-APBD 2021 pada rapat paripurna yang digelar di DPRD Kolaka, Senin (9/11/2020).

Dalam pidato, H Ahmad Safei menyebut penyusunan R-APBD 2021 itu menyesuaikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka di 2021.

“Sesuai Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka tahun 2021, tema pembangunan yang ditetapkan yaitu pengembangan kualitas pembangunan dan SDM untuk meningkatkan pelayanan publik,” papar Ahmad Safei di hadapan Anggota DPRD Kolaka.

R-APBD 2021 senilai Rp1,3 triliun itu, katanya, dalam rangka membiayai 130 program, 256 kegiatan, dan 784 sub kegiatan yang telah diinput melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kemendagri.

Dalam R-APBD 2021 itu postur APBD Kolaka direncanakan meliputi pendapatan daerah, sedangkan Belanja daerah dialokasikan sebesar Rp1,29 triliun. Sementara untuk komponen pembiayaan yang terdiri dari penerimaan pembiayaan  ditargetkan senilai Rp7 miliar dan pengeluaran pembiayaan ditargetkan Rp5 miliar.

“Berdasarkan perhitungan selisih antara penerimaan pembiayaan dan pengeluaran pembiayaan daerah, diperoleh surplus pebiayaan netto pada tahun anggaran 2021 sebesar Rp2 miliar yang akan digunakan menutupi defisit belanja daerah, sehingga sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) berada pada posisi berimbang,” ungkapnya.

Sementara pandangan fraksi-fraksi DPRD Kolaka yang dipimpin wakil ketua, Syarifuddin Baso Rantegau, seluruh fraksi menyetujui R-APBD 2021 tersebut untuk dibahas.

YUSRI/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *