PPK dan PPS Dibimtek Untuk Mutakhirkan Daftar Pemilih Pilkada

Ketua KPU Konawe Selatan Muh Yunan saat membuka bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih Pilkada serentak yang dihadiri seluruh PPK dan PPS yang membidangi devisi Data. (FOTO : HERMAN)

BeritaRakyat.id, Kendari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan menggelar Bimbingan Tekhnis (Bintek) Pemutakhiran data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) serta e-Coklit untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun  2024.

Kegiatan itu dibuka oleh Ketua KPU Konawe Selatan, Muh Yunan yang dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi, Amiruddin, Komisioner KPU Konawe Selatan Divisi Rendatin, Anton Roberto, Komisioner KPU Konawe Selatan Divisi Tekhnis Penyelenggara Pemili, Eko Hasmawan Baso, Sekretaris KPU, Ailla dan jajaran serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Konawe Selatan yang membidangi devisi data.

“Bintek ini bertujuan untuk memberikan peningkatan kapasitas kepada PPK dan PPS dalam mempersiapkan diri pada pelaksanaan pemutahiran data pemilih,” ujar Ketua KPU Konawe Selatan, Muh Yunan saat memberikan sambutan, Sabtu (15/6/2024).

Menurutnya, PPK dan PPS penting untuk memahami pelaksanaan pemutakhiran data pemilih dalam persiapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara, dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dalam hal ini pemilihan bupati dan wakil bupati di Konawe Selatan.

Selain itu, lanjut Yunan, Bintek yang diselenggarakan juga untuk memberikan pemahaman kepada PPK terkait penggunaan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) serta e-Coklit.

“KPU berharap dengan pelaksanaan kegiatan Bintek ini, agar PPK dan PPS dapat memahami tugas-tugasnnya dalam menyelenggarakan Pilkada di Konawe Selatan,” jelasnya.

Untuk diketahui, bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan KPU Konsel devisi Informasi dan data menghadirkan pemateri dari Bawaslu Konsel tentang peran dan pengawas, dan juga dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Konsel tentang dukungan pemerintah terhadap data kependudukan.

YAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *