Plt Bupati Konsel Sanksi Dua ASN Jelang Pilkada

Plt Bupati Konsel Dr Arsalim Arifin (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara terbukti melanggar kodek etik di helatan Pilkada 2020. Keduanya kemudian direkomendasikan untuk diberikan sanksi atas pelanggaran kode etik.

Dua ASN tersebut masing-masing Irma Yuli yang keseharianya sebagai ASN di Puskesmas Moramo, kemudian Sarwanto selaku Lurah Kolono Kecamatan Kolono. Rekomendasi pemberian sanksi untuk kedua abdi negara ini pun telah diserahkan ke Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Konsel Arsalim Arifin.

“Iya, rekomendasi Komisi Aparur Sipil Negara (KASN) telah ditembuskan kepada Pemda Konsel atas pelanggaran kode etik atas dua ASN Lingkup Pemda Konsel di Pilkada Konsel. Dua ASN yang direkomendasi akan diberikan sanksi sesuai dengan jenis pelanggarannya,”ujar Arsalim kepada media ini, Selasa (24/11/2020)

Terkait sanksi yang akan dijatuhkan kepada ASN tersebut, Arsalim mengaku akan memanggil Kepala BKD Konsel untuk merumuskan jenis sanksinya. Pastinya, sanksi tegas berupa teguran sudah disampaikan kepada kedua ASN tersebut.

“Dua ASN yang memberikan dukungan melalui media facebook kepada Paslon dukungan Golkar dan pengukuhan tim pemenangan RAG-SS di Kolono sudah diberikan sanksi berupa teguran keras. Selain itu sanksi lain akan segera diputuskan dalam waktu segera,” ungkapnya.

Wakil Bupati Konsel itu menambahkan, selain dua ASN yang telah direkomendasi KASN, juga ada dua ASN yang telah mendapat vonis kurungan penjara dari pengadilan atas tindak pidana Pilkada. Dua ASN tersebut masing-masing Lurah Palangga dan kepala seksi di Kecamatan Laeya yang saat ini sementara menunggu putusan setelah pihak Gakumdu Konsel mengajukan banding.

“Untuk dua ASN dan menduduki jabatan, pastinya akan dilakukan pergantian atau menonjob yang diberikan hukuman atas tindak pidana Pilkada. Untuk keputusan menonjob kita masih menunggu incrachnya putusan atas banding yang lagi diajukan. Pasca itu pasti akan segera diganti dua ASN yang menduduki jabatan tersebut,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *