Pleno Terbuka KPU Konut, Ini Yang Dibahas

BeritaRakyat.id, Konawe Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar rapat pleno terbuka tentang pemyampaian hasil pemeriksaan kesehatan dua bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati. Pleno yang dipimpin Ketua KPU Konut, Syawal Sumarata, ini juga dihadiri Bawaslu setempat dan LO pasangan calon.

“Pleno hari ini adalah penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon bupati dan wakil bupati, Ruksamin-Abu Haera dan Rauf-Iskandar Mekuo, dari tim pemeriksa kesehatan dan Narkoba dari RS Bahteramas, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) dan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Sultra kepada KPU Sultra dan diteruskan ke KPU Kabupaten,”ujar Syawal Sumarata kepada media ini, Minggu (13/09/2020).

Dijelaskan, hasil pemeriksaan kesehatan dua bakal calon tersebut diserahkan oleh tim dokter Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP)Bahtramas kepada KPU Sultra dan diteruskan di KPU kabupaten masing-masing penyelenggara Pilkada. Setelah itu, KPU selanjutnya melakukan verifikasi faktual dan hasilnya kemudian diunggah di sistem informasi pencalonan (Silon) KPU.

“Hasilnya dua bakal pasangan calon di Konawe Utara memenuhi syarat. Yakni kesejahatan jasmani, rohani dan bebas dari penyalagunaan Narkoba,”jelasnya.
Ditambahkan, setelah dinyatakan memenuhi syarat, selanjutnya dokumen hasil pemeriksaan bakal calon bupati dan wakil bupati diserahkan kepada Bawaslu dan masing -masing LO pasangan calon.

“Hasilnya sudah kami serahkan ke masing-masing calon dan Bawaslu Konut dan satunya lagi menjadi arsip di KPU Konut,” tandasnya.

FIKO/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *