Penuhi Syarat Pencalonan, Dua Bapaslon Kada Konsel Menunggu Penetapan 23 September

Komisioner KPU Konsel (Kanan pakai jas hitam) saat menerima berkas pendaftaran bakal pasangan calon Konsel Surunddin Dangga -Rasyid. (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id,. Konawe Selatan – Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), masing masing Muhammad Endang SA – Wahyu Ade Pratama Imran dan Surunuddin Dangga – Rasyid telah merampungkan pendaftaran di KPU Konsel, Jumat (04/09/2020).

Usai menyerahkan dokumen syarat pendaftaran bapaslon kepala daerah (Kada) tersebut, KPU langsung melakukan verfikasi dan memasukkan dalam aplikasi sistem informasi calon (Silon). Keduanya kemudian dinyatakan memenuhi syarat dan tinggal menunggu rapat pleno penetapan pasangan calon pada 23 September 2020 mendatang.

“Dari dua bakal pasangan calon yang mendaftar di hari pertama pendaftaran di KPU Konsel, sesuai dokumen telah dinyatakan lengkap dan sudah masuk dalam portal silon KPU. Tanggal 23 Desember baru dapat ditetapkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati,”ujar Ketua KPU Konsel, Aliudin kepada media ini.

Kata Aliudin, setelah tahapan pendaftaran berakhir, KPU selanjutnya akan melakukan pleno untuk penetapan pasangan calon. Selanjutnya, 26 September bakal dilaksanakan pencabutan nomor urut bagi seluruh pendaftar calon yang telah ditetapkan.

“Dua pasangan calon yang telah menyerahkan dokumen syarat pencalonan, khususnya Muh Endang SA dan Rasyid yang notabene adalah anggota DPRD Sultra telah menyertakan surat permohonan pengunduran diri, tanda terima dan surat keterangan bahwa sudah dalam proses dari instansi berwenang,” katanya.

Mantan ketua PPK Lainea itu menambahkan, di hari kedua tahap pendaftaran, tak ada bapaslon yang dijadwalkan mendaftar. Sebab, satu bapaslon yang juga akan menjadi kontestan di Pilkada Konsel, Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae , dijadwalkan mendaftar, Minggu (06/09/ 2020).

“Sampai saat ini semua berjalan lancar, pendaftaran Cakada Konsel juga disuversi Ketua KPU Sultra La Ode Abd Natsir, Anggota Bawaslu Sultra Munsir Salam, seluruh komisioner Bawaslu Konsel dan pemantau Pilkada dari JaDI, KIPP dan JPPR,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *