Pengurus DPW Majelis Adat Kerajaan Nusantara Sultra Masa Bakti Tahun 2023-2028 Resmi Dikukuhkan

Foto bersama pengurus MAKN Sultra dan Ketua umum DPP MAKN usai cara pelaksanaan (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id, Kendari – Dewan Pengurus Wilayah Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), masa bakti tahun 2023-2028 resmi dilantik dan dikukuhkan pada, Kamis (30/11/2023).

Pelantikan itu, dilakukan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) YM KPH Eddy S Wirabhumi, disalah satu hotel di Kota Kendari.

Dalam sambutanya Wirabhumi mengatangkan, sangat mengapresiasi pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan pengurus MAKN Sultra masa bahki 2023-2028 ini.

Dirinya m meminta, kepada seluruh jajaran pengurus MAKN Sultra untuk terus menjaga nilai-nilai kebersamaan dalam menjalan roda organisasi.

“Ditengah-tengah situasi yang sekarang ini, saya mohon organisasi kita tidak ikut kemana-mana. Tetapi bahwa yang mulia ada dimana-mana monggo, tapi jangan sampai perbedaan yang ada di yang mulai tadi, membuat talisilaturahmi, persaudaraan kita, kebersamaan kita pecah,” pitanya.

Terlebih lagi lanjut dia, ditengah situasi bangsa saat ini, pentingnya menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan kekompkan demi mewujudkan nilai-nilai kebudayaan sesuai Amanat Bhineka Tungal Ika.

“Mengahadapi situasi ini, harus kita kompak berstu bersama karena kebudayaanlah yang sesungguhnya mengikatkan kita kepada jati diri, sebagai bangsa yang berbudaya,” ungkapnya.

Untuk dirinya berharap dibawa Komandan pengurus yang baru saja dilantik ini, jajaran pengurus MAKN Sultra, dapat terus menunjukkan perekat pelastarian pengembangan budaya di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Saya berharap, setinggi-tingginya kepada yang semua dibawa naungan ketua Umum, agar Sulawesi Tenggara ini seperti gedung ini, diluar kelihatan biasa tapi didalamnya luar biasa, jadi mungkin kita keliatan biasa diluar tapi didalam jati diri kita sebagai perekat bangsa pelestari dan pengembang kebudayaan kita masing-masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum KASN Sulta H Ali Mazi mengaku merasa bersyukur diberi amanah memimpin organisasi pelastarian budaya ini. Dirinya kata dia, siap mejalan tugas semaksimal mungkin.

“Saya kira ini adalah jabatan yang dibilang berat juga tidak, dibilang tidak juga berat, kenapa,? Karena ini jabatan sosial, ini harus munculdari diri kita,” bebernya.

Salah satu tugas MAKN ini lanjut dia, tentu bisa membatu meringankan beban pemerintah dalam hal pelastarian budaya khususnya di Sultra.

“Tugas kita meringankan sebagian tugas-tugas pemerintah khususnya di bidang budaya,” singkatnya.

Untuk diketahui acara pelantikan dan pengukuhan pengurus MAKN Sultra turut hadiri 13 Kerajan dan satu Kesultanan yang ada Sulawesi Tenggara.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *