Penanaman Mangrove Akan Menjadi Agenda Tahunan di Kolaka

Suasana penanaman pohon mangrove yang diadakan Pemda Kolaka. (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Sulawesi Tenggara melaksanakan kegiatan tanam pohon bakau/mangrove dengan tema ‘Satu Pohon Berjuta Manfaat’ di Pesisir Pantai Tahoa, Jumat (04/12/2020). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia,

Dalam kegiatan ini, PT Antam Tbk UPBN Sultra turut menyerahkan sekira 4.000 pohon mangrove ke Pemda Kolaka untuk ditanam di pesisir Pantai Tahoa.

Bupati Kolaka Ahmad Safei mengatakan, penanaman mangrove tersebut menjadi salah satu kegiatan konservasi untuk mengamankan abrasi di daerah pesisir pantai.

“Kita berharap pantai ini dapat kita pelihara dengan baik, sehingga ke depannya pantai ini bisa bermanfaat, baik sisi konservasi dan pendapatan bagi masyakarat kita di pesisir pantai,” harap Safei.

Menurutnya, kegiatan ini akan berkelanjutan di masa datang. Bahkan, penanaman mangrove akan menjadi agenda tahunan Pemda Kolaka.

“Jika kegiatan ini bisa berjalan baik, Alhamdulillah saya kira pantai kita ini bisa dijadikan obyek onservasi dan juga melakukan pengembangan kepiting, udang dan lainnya yang bisa menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat,” tegasnya.

Ia pun mengimbau kepada masyakarat pemerhati lingkungan untuk melakukan pengawasan hutan mangrove dan masyakarat tidak merusaknya. Pemerintah juga tidak akan memberikan izin apabila ada masyakarat yang ingin membangun di pesisir pantai di Kabupaten Kolaka.

YUSRI/KOLAKA

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *