Pemkab Konsel Terima 2.800 Vaksin Covid-19

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Konsel Dr Sahlul didampingi personil Polres Konsel saat menerima vaksin Covid-19. (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui dinas kesehatan (dinkes) setempat menerima 2.800 vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penyerahan vaksin Sinovac tahap pertama dikemas dalam box dengan total 70 box. Tiap boxnya berisi 40 vaksin.

“Vaksin tahap pertama ini, akan memprioritaskan tenaga kesehatan (nakes) yang jumlahnya sebanyak 1.300 orang,” terang Kepala Dinkes Konsel Maharayu, Rabu (27/01/2021).

Menurut Maharayu, pihaknya juga akan melakukan pendistribusian ke masing – masing puskesmas di Konsel dengan pengawalan pihak kepolisian, sesuai dengan prosedur.

“Wajib ada pengawalan, untuk menghindari adanya sabotase dan lainnya. Di sisi lain, obat ini sangat terbatas. Oleh sebab itu tahap pertama ini, diprioritaskan untuk nakes dulu,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) di Konsel tidak seluruhnya divaksinasi karena adanya keterbatasan umur.

“Untuk nakes berusia 18-59 tahun akan di vaksinisasi, sedangkan nakes yang berusia 60 tahun tidak akan divaksin. Sama halnya dengan yang memilki riwayat penyakit jantung dan hepertensi, ” jelas Maharayu

Pihaknya berharap, semua nakes di Konsel tidak menolak divaksin. Sebab, ini merupakan program nasional sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mematuhi dan mendukung program pemerintah.

“Kita harus yakin, tidak mungkin pemerintah berniat mencelakakan masyarakatnya, jangan terpengaruh dengan hoaks yang beredar di luar sana. Untuk vaksinasinya kita rencanakan pada tanggal 1 Februari, namun kita tunggu dulu arahan Bupati Konsel,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *