Pasca Pengumpulan Massa Cakada, Konsel Masih Aman dari Cluster Penyebaran Covid-19

Kerumunan massa saat pelaksanaan deklarasi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Konsel. (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id,. Konawe Selatan – Pendaftaran dan deklarasi bakal pasangan calon kepala daerah (Cakada) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) baru-baru ini, dikhawatirkan bisa menjadi salah satu cluster baru penyebaran virus Corona. Pasalnya, saat pelaksanaan tahapan Pilkada tersebut terjadi pengumpulan massa hingga jaga jarak dan penggunaan alat pelindung diri (APD) terabaikan.

Namun demikian, Tim Gugus Tugas Penanganan dan pencegahan Covid-19 Konsel, belum menerima laporan adanya warga yang terjangkit virus Corona pasca mengikuti kegiatan cakada tersebut.

Hal ini diakui juru bicara Tim Gugus Tugas Penanganan dan pencegahan Covid-19 Konsel, Anas Mas’ud. Namun begitu, pihaknya tetap melakukan pemantauan atas kegiatan- kegiatan pendaftaran dan deklarasi pasangan calon kepala daerah itu.

“Kami di gugus tugas terus melakukan pemantauan dan koordinasi kepada semua tenaga medis. Kiranya jika ada warga yang terjangkit virus untuk dilakukan penanganan. Terlebih jika itu dari tempat kerumunan dalam hal ini mengikuti deklarasi paslon,” akunya melalui sambungan telepon, Senin, (07/09/2020)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Konsel ini, juga mengaku telah melakukan sosialisasi protokol kesehatan menghadapi penyebaran Covif-19 secara masif. Warga tak henti-hentinya diimbau agar selalu memakai masker pada saat keluar rumah, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

“Sosialisasi protokol kesehatan dilakukan secara berjenjang pada tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan serta pada fasilitas kesehatan dari RSUD sampai puskesmas dan faskes desa dan kelurahan, ” ujarnya.

Belum adanya laporan warga yang terjangkit virus tersebut juga diakui Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konsel, dr Boni L Permana. Ia berharap, kekhawatiran akan adanya cluster baru penyebaran virus corona itu tidak terjadi.

“Hingga kini belum ada laporan, dan Konsel Insyaa Allah masih aman dari cluster penyebaran corona, khususnya dari tiga titik tempat deklarasi,” katanya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *