Musim Kemarau Ekstrim, Bupati Konsel Minta Warga Untuk Waspada

Suasana Coffe Moorning Bupati Konsel H Surunuddin Dangga didampingi Kadis Kominfo Hidayatullah dan kepala Dinas lainnya bersama wartawan di rumah jabatan Bupati. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Kekeringan dan kebakaran hutan dan dan lahan termasuk pemukiman warga belakang ini harus mendapat perhatian dan kewaspadaan. Pasalnya musim kemarau saat ini sangat ekstrim dengan suhu panas yang cukup menyengat dan rawan meninbulkan kebakaran dan tentunya juga kekeringan.

Terkait musim kemarau yang sangat ekstrim ini membuat Bupati Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Surunuddin Dangga meminta kepada seluruh masyarakat untuk waspada dan berhati hati, khususnya terhadap kebakaran hutan, lahan dan pemukiman.

“Saat ini, jangankan sengaja dibakar, membuang puntung rokok yang masih menyalah, geseken ranting atau pohon saja bisa menimbulkan kebakaran dengan kondisi panas seperti ini. Karena itu selaku Pemerintah menghimbau kepada seluruh Masyarakat untuk berhati hati dan waspada atas musim panas belakangan,”ujarnya kepada sejumlah awak media saat menggelar coffe moorning di rumah jabatan Bupati, Jum’at, (06/10/2023).

Bupati H Surunuddin Dangga yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Hidayatullah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Hasran Parenda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Benhur Karim, Kepala BPBD Konsel Asruddin Kadis Sosial Nurlita Jaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Seya Ningsi Mangidi dan Dirut RDUD Konsel dr Jemi Yusup mengaku, pemerintah atas musim kemarau ekstrim juga selalu waspada dan siap melakukan penamganan bencana dan pemberian bantuan kesehatan, pangan dan bantuan sosial.

“Musim kemarau panjang yang saat ini melanda wilayah, khususnya di Konawe Selatan membuat kita semua waspada dan melakukan persiapan. Instansi Teknis seperti Dinas Pemadam Kebakaran siap siaga satu kali 24 jam. Begitu juga dengan BPBD, Dinas Sosial dan Ketahanan Pangan selalu siap sedia,”akunya.

Orang nomor satu di Konsel itu juga menambahkan, musim kemarau yang ekstrim, oleh pemerintah juga telah melakukan persiapan, seperti penyedian bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak, menyiapkan pasar murah di 25 Kecamatan, termasuk penyedian Air bersih untuk warga.

“Untuk bantuan sosial dan pasar murah, pekan depan sudah bisa dilaksanakan. Begitu juga dengan pendistribusian air bersih untuk masyarakat sudah dapat dilakukan dengan melakukan memonitoring¬† dan menerima permintaan masyarakat. Termasuk memastikan ketersediaan pangan di Konsel melalui Badan Urusan Lagistik (Bulog) di Andoolo,”tambahnya.

MAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *