KPU Konsel Mulai Lakukan Pencermatan DCT Bakal Caleg DPRD

Ketua KPU Konsel Muh Yunan (Ketiga dari kiri) saat memimpin rapat bersama anggota KPU lainnya beberapa waktu lalu. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Legislatif dari seluruh Partai Politik peserta Pemilu. Terhitung mulai 24 September hingga 3 Oktober 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan tahapan pencermatan Daftar Calon Tetap.

Anggota KPU Konawe Selatan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaran, Eko Hasmawan Baso menjelasakan dalam tahapan tersebut partai politik atau peserta Pemilu 2024 diperkenankan untuk mengubah nama, nomor urut hingga Dapil dan foto bakal calon legislatif yang diajukannya.

“Ada Kemungkinan berubah nama, nomor urut dan foto serta Dapil bacaleg masih bisa terjadi berdasarkan persetujuan ketua Umum dan Sekjen masing masing partai Poltik. Namun, dengan catatan semua persyaratan harus dipenuhi atau dinyatakan memenuhi syarat,” jelas Eko sapaan akrabnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (26/9/2023)

Kata dia jika terdapat nama baru yang diajukan parpol sebagai bakal calon legislatif, maka pihaknya bakal memverifikasi administrasi seluruh persyaratannya, termasuk validasi di lapangan untuk memastikan keabsahannya

Begitu juga terhadap Bacaleg dari Kepala daerah maupun Kepala Desa, TNI/Polri dan PNS harus memenuhi syarat yang disertakan SK keputusan pemberhentian dari pihak yang berwenang, jika tidak ada sampai tanggal 3 Oktober maka akan dinyatakan gugur.

“Pengajuan perubahan ini dapat dilakukan selama rentang waktu tahapan pencermatan DCT Pemilu 2024 selama 10 hari melaui Sistem Informsi

Senada disampaikan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Konsel, Anton Roberto bahwa tahapan pencermatan DCT merupakan masa-masa penting dan menentukan yang akan digunakan pada tahapan selanjutnya.

“Kami berharap parpol dapat berkoordinasi dan meningkatkan komunikasi dengan KPU perihal hal-hal yang dilaksanakan pada masa pencermatan rancangan DCT sebelum DCT ditetapkan,” bebernya.

Anton memastikan KPU memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Pemilu 2024 terkait pencermatan DCT sekaligus mengingatkan berhati-hati dan fokus guna menghindari potensi persoalan.

“Setelah tahapan pencermatan DCT, kami akan melaksanakan tahapan penyusunan DCT pada 4 Oktober – 3 November 2023, kemudian menetapkannya pada 4 November 2023,” tutupnya.

Diketahui sebelumnya KPU Konsel telah menetapkan sebanyak DCS 429 orang masuk daftar lolos Bacaleg, 271 laki – laki dan 158 perempuan dari 17 partai politik.

YAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *