Kembangkan Industri Kerajinan, Dekranasda Sultra Gandeng BI Berikan Pendampingan

Ketua Dekranasda Sulawesi Tenggara Agista Ariany Ali Mazi (tengah) saat mengikuti Pameran Karya Kreatif Indonesia 2020 Seri 2 yang digelar secara virtual (FOTO: IST)

BeritaRakyat.id, Kendari – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Tenggara, Agista Ariany Ali Mazi, menjalin kerjasama dengan perbankan, guna menguatkan sektor kerajinan.

“Selama beberapa tahun ini, sebelum penandatanganan MoU, Dekranasda Sultra sudah melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia (BI). Selama ini kita menguatkan kerajinan tenun. Di masa-masa mendatang kita akan mencoba memperluasnya ke kerajinan lainnya seperti perak yang banyak di Sultra,” jelas Agista, usai mengikuti Pameran Karya Kreatif Indonesia 2020 Seri 2 yang digelar secara virtual, Rabu (07/10/2020).

Ketua Tim Penggerak PKK Sultra ini juga mengakui bahwa selama pandemi Covid-19, industri kerajinan sangat terpukul.

“Namun, itu tidak boleh menyurutkan kreatifitas untuk terus berkembang. Digitalisasi promosi dan pemasaran produk sebagai solusi terbaik untuk tetap produktif di masa pandemi,” ungkapnya.

Diakui Agista, di Sultra memang masih banyak wilayah yang terkendala dengan jaringan internet sehingga tidak optimal memanfaatkan digitalisasi pemasaran tersebut. Namun, adanya MoU dengan BI, keterbatasan ini setidaknya dapat difasilitasi.

Kerjasama dengan BI, tambahnya, dilakukan dalam hal pemberian pelatihan, pelatihan dan pendampingan, sosialisasi dan edukasi, promosi dan pemasaran, serta pertukaran data dan informasi.

CHAIRUL ARQAM/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *