Kanwil BPN Sultra Launching Pembuatan Sertifikat Elektronik di Kota Kendari

Kakanwil BPN Sultra Dr Asep Heri saat memberikan keterangan pers kepada awak media (FOTO : ODEK)

BeritarRakyat.id,. Kendari – Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi meluncurkan pembuatan sertifikat elektronik di Kota Kendari.

Kegitan peluncuran sertifikat elektronik ini, diawali dengan penyerahan sertifikat elektronik aset Pemerintah Kota Kendari, dari Kepala BPN Kota Kendari kepada Pj Walikota Kota Kendari, di Aula Samaturu Balai Kota Kendari, pada, Senin (10/06/2024).

Kegitan ini juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Kendari, H Subhan Polresta Kendari dan perwakilan Kodim Kendari.

Kakanwil BPN Sultra Asep Heri mengatakan, penerapan sertifikat elektronik ini. Baru dua wilayah di Bumi Anoa, yakni BPN Kota Kendari dan Baubau.

Nantinya kata Asep penerapan sertifikat elektronik ini, akan dimulai dari aset Pemerintah, TNI Polri dan juga lembaga keagamaan.

“Tujuan dari pelayanan elektronik ini, adalah cepat, tepat, akurat, transparan dan akuntabel dan betul-betul memudahkan masyarakat. Ini tugas kita bersama, mohon bantuannya kepada seluruhnya bahwa sertifikat elektronik ini lebih aman dan tidak adalagi pemalsuan,” katanya kepada sejumlah awak media.

Sementara itu, Pj Walikota Kendari Muhammad Yusup mengaku sangat mengapresiasi peluncuran sertifikat elektronik ini.

Penerapan sertifikat tanah secara elektronik ini kata dia, diharapkan dapat meminimalisir resiko yang mungkin timbul akibat kehilangan atau kerusakan serta dapat memberikan keamanan informasi terkait kepemilikan tanah.

“Kami sangat mendukung upaya Kantor Pertanahan Kota Kendari dalam melakukan transformasi digital terhadap layanan pertanahan. Pada dasarnya kami pemerintah dan instan terkait di daerah sangat mendukung dan akan turut berkontribusi dalam menyukseskan implementasi layanan sertifikat elektronik pada Kantor Pertanahan Kota Kendari,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Kota Kendari Herman Saeri mengungkapkan, dalam peluncuran ini, pihaknya menyerahkan sebanyak 38 sertifikat elektronik aset milik Pemerintah Kota Kendari.

“Layanan akan mulai dilakukan hari ini dan seterusnya, tak ada target kita, kalau bisa kita buat sebanyak-banyaknya untuk melayani masyarakat,” tutupnya.

ODEK.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *