Kadis PMD Harap Kades di Muna Manfaatkan Kader Teknik Desa

Kadis PMD Muna, Fajarudin Wunanto, Ketua Panitia Pusbangkit, Darman, Serta Pendamping Teknik Desa Kabupaten Saat Menggelar Bimtek (FOTO : BURHAN ODE)

BeritaRakyat.id, Muna – Kader teknik desa se-Kabupaten Muna mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Kebangsaan Indonesia kontemporer (Pusbangkit) disalah satu hotel kota Raha.

Bimtek yang digelar selama tiga hari itu mengangkat tema “Mendorong kemandirian Desa dalam Penyusunan Desain, Rencana Anggaran Biaya dan Sertifikasi Kegiatan Desa”.

Ketua panitia bimtek, Darman menjelaskan, salah satu tujuan Pusbangkit melaksanakan bimtek kader teknik desa adalah membatu desa menuju kemandirian dalam hal perencanaan termasuk penyusunan RAB.

“Paling tidak ada pemicu bahwa kader desa itu ingin belajar. Ada suplay pemikiran dari pemateri dengan latar belakang pendamping desa tingkat kabupaten muna,” Jelasnya kepada media ini, Selasa (19/22/2023).

Kadis PMD Muna, Fajarudin Wunanto menekankan agar kader teknik desa mengikuti bimtek dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, selama ini sangat banyak kepala desa yang memakai jasa orang lain, baik penyusunan RAB, sertifikasi kegiatan maupun desain.

“Selama ini saya liat para kepala desa terkait ini mereka selalu memakai orang diluar baik penyusunan RAB maupun desain,” Ucapnya

Oleh karena itu kata dia, dengan adanya pelatihan ini, para kepala desa tidak lagi mencari orang lain dalam penyusunan dokumen desa, tetapi memanfaatkan kader teknik yang ada dalam desa itu.

Mantan Disnakertrans itu berharap, para kepala desa mampu memberdayakan masyarakat yang ada didalam desa. Kader teknik desa sudah diberikan pelatihan dan dibiayai oleh negara.

“Potensi yang ada dalam desanya harus dimanfaatkan. Seperti anak STM yang pengangguran kan bisa dimanfaatkan. Jadi, selain pemberdayaan juga perputaran ekonomi tidak keluar dari dalam desa itu,” Katanya

“Kepala desa wajib memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan jadikan bimtek ini sekedar menggugurkan kewajiban,” Tegasnya.

BURHAN ODE

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *