Jika Muna Ibarat El Salvador, Raji’un Tumada Adalah Nayib Bukele Yang Tepat

Oleh : Bram Barakatino

Sebagai Putra Deerah, saya merasa terpanggil untuk menelaah apa gerangan hambatan hambatan Daerah tercinta saya, tumpah darah saya yang terus menerus membuatnya demikian sulit bersaing hingga bisa seimbang bahkan melampaui yang lainya. Demikianlah ihwal tulisan ini saya buat semata mata bentuk kritik dan semangat gigih saya demi kemajuan Deerah tercinta.

Tulisan ini bukanlah karya ilmiah yang syarat metodis berbasis data,
Pun data sekunder yang saya sematkan dalam tulisan ini sekedar upaya untuk merasionalisasi pengamatan saya terkait fenomena yang sedang saya bahas saat ini.

Bismillah.. . .
Dalam sudut pandang kultur dan historis, sebagai komponen utuh yang membentuk identitasnya, paradigma Masyarakat Muna memiliki ciri yg khas ketimbang Daerah lain yang ada di sekitarnya.
Pribadi yang kritis, skeptis serta berani mempertahankan keputusanya, salah satu ciri Masyarakat Muna yang tak terlepas dari nilai kultural dan historisnya.
Sejak masa kerajaan, Muna telah lebih dulu mengimplementasikan nilai – nilai demokrasi yang dapat dilihat dari pergantian Raja yg tidak didasarkan pada keturunan, begitupun Rakyat telah diberi ruang kritik pada berbagai kebijakan yg diambil oleh pihak Kerajaan dikala itu.

Berdasarkan hal demikian, saya menyimpulkan bahwa Fundamental problem Muna dalam segala keterlambatan dan hambatanya tidak lain hanya soal ketegasan dan keberanian seorang Pemimpin yang berkarakter, jujur, cerdas dan berwibawah.
Relevan jika kita melihat Problem Masyarakat Muna pada spek kriminalitas.
Data stattistik menempatkan Muna sebagai Kabupaten dengan tingkat kriminalitas tertinggi mencapai 565 kasus/2019, 681 kasus/2020, dan 471 kasus/2021.
Data dan angka tersebut diatas menjelaskan bahwa wujud ketegasan kepemimpinan tidak tercapai dengan baik dan benar.

Contoh kongkrit adanya korelasi antara tingkat kriminalitas suatu Daerah maupun Negara terhadap ketegasan pemimpin, dapat dilihat pada suatu Negara kecil di Amerika Tengah yakni El Sal Vador.

El Salvador adalah sebuah Negara kecil di Amerika Tengah yang mulanya masuk sebagai salah satu Negara yg tingkat kriminalitasnya sangat tinggi dan kini berubah menjadi salah satu Negara teraman di Dunia berkat ketegasan dan keberanian seorang Nayib Bukele sang Presiden yang berkarakter, tegas dan berprinsi kuat dalam membasmi premanisme bahkan gembong mavia.

Ketegasan dan kecerdasan serta komitmen seorang pemimpin menurut saya juga sangat berpengaruh pada aspek politik birokrasi yg sehat dan ideal pada suatu Pemerintahan.

Saya meniai, implementasi politik birokrasi yang gagal telah lama membayangi Organisasi Pemerintahan Kabuten Muna yang kian lama kian membudaya, kalut dan kusut kian sengkarut hingga menjadi kebiasaan yang “hampir di benarkan”.

Seperti kita ketahui, dalam prespektif negatif, birokrasi dapat dimaknai sebagai alat untuk memper oleh, mempertahankan dan melaksanakan kekuasaan. sebaliknya, dalam prespektif positif, birokrasi adalah alat yang efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

Keteledoran Pemimpin dalam penataan birokrasi yang kerap cenderung pada upaya mempertahankan kekuasaan atau tujuan golonganya, menjadikan penataan dan penempatan aparatur sipil tidak lagi didasarkan pada keahlian atau disiplin ilmunya masing-masing, sehingga sulit mencapai kepuasan dalam pelayanan publik.

Demikianlah pentingnya ketegasan dan komitmen seorang pemimpin yg berkarakter, sebagai kunci dalam terwujudnya Politik birokratik yang ideal, baik dari sudut pandang negatif maupun postif, dimana daya dan upaya Pemerintahan sepenuhnya dikerahkan semata-mata untuk memicu kreatifitas dalam merancang dan mendorong pembangunan jangka menengah maupun jangka panjang suatu daerah di segala sektor.

Mengingat sedikit hari lagi, masyarakat Muna akan memilih pemimpinya secara demokratis yang tentunya akan menentukan arah dan nasib Bumi Sowite secara menyeluruh selama 5 tahun kedepan, Saya menghimbau agar Masyarakat mempergunakan hak pilihnya dengan cerdas dan penuh pertimbangan tanpa Money Politik.
Pilihlah pemimimpin yang berjiwa tegas, jiwa yang tidak goyah oleh faktor lain selain dari keputusanya sendiri.

Saya pribadi melihat kriteria pemimpin yang dapat membawa Muna jauh lebih baik kedepan, ada pada sosok Rajiun Tumada. Figur tegas, berpengalaman serta berkarakter dan tentunya berwibawah.

Demikianlah menurut Sun Tzu, Seorang pemimpin yang baik harus cerdas, dapat dipercaya, manusiawi, berani dan tegas.(***)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *