Irham Kalenggo Dukung Terbentuknya Kepengurusan PWI di Konsel

Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo saat bersilaturahmi dengan jajaran pengurus PWI Konsel di kediamannya. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Kendari – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Irham Kalenggo mendukung terbentuknya kepengurusan organisasi Wartawan di Konsel. Salah satunya adalah Persatuan Wartawan Indonesia yang perlu mendapat apresiasi, mengingat kehadiran PWI akan menjadi mitra bagi pemerintah dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan melalui karya tulis atau berita yang disajikan di media.

“Selaku Ketua DPRD Konawe Selatan tentunya menyambut baik dengan terbentuknya PWI Konawe Selatan. Mengingat sejak Konsel memekarkan dari Kabupaten Konawe 20 tahun lalu atau sejak tahun 2003 lalu, wartawan di Konsel sudah semakin banyak. Namun lembaga yang mewadahi awak media ini belum ada. Karena itu dengan terbentuknya PWI Konsel dengan kepengurusannya tentunya ini langka maju,”ujarnya kepada pengurus PWI Konsel saat bersilaturahmi di kediamannya di Kendari, Selasa malam, (05/09/2023).

Menurut Irham Kalenggo yang juga Ketua DPD Partai Golkar Konsel itu, keberadaan wartawan di daerah tidak dapat dipisahkan. Mengingat hasil karya wartawan dengan tulisan yang mempromosikan daerah, mengekspose roda pemerintahan dan hasil pembangunan di media massa baik itu cetak, elektronik dan online membuat daerah dikenal dan diketahui publik.

“Kami di DPRD juga tidak akan diketahui publik apa yang kami kerjakan setelah dipilih untuk menjadi wakil rakyat di parlemen,kalau bukan karena kerja para wartawan dengan membuat berita. Untuk itu dengan adanya wartawan dan tentunya organisasinya kami sangat merespon dan mendukung penuh,”katanya.

Anggota DPRD empat periode ini mengaku, saat ini wartawan di Konsel sudah tumbuh subur, tetapi tidak kami ketahui apakah wartawan itu semua sama organisasi wartawannya atau bagaimana. Bahkan banyak juga mengaku wartawan, tetapi tidak ada dalam wadah organisasi kewartawanan. Karena itu dengan adanya PWI Konsel diharapkan, seluruh wartawan dapat dinaungi.

“Banyak sih yang mengaku wartawan. Tetapi kami tidak tahu kalau ada organisasinya, sehingga dengan adanya pengurus PWI di Konsel sangat kami dukung dan menjadi mitra dalam mengawasi dan mendukung terciptanya roda pemerintahan dan pembangunan yang lebih baik dan maju serta diketahui publik,”tandasnya.

Sementara itu Sekretaris PWI Konsel Supyan Hadi mengaku, terbentuknya pengurus PWI Konsel baru saja diplenokan di PWI Provinsi Sulawesi Tenggara 30 Agustus lalu. Pembentukan PWI di Konsel, oleh PWI Provinsi telah dinyatakan memanuhi syarat dengan adanya wartawan yang telah kompeten melalui Ujian Kompetensi Wargawan (UKW) oleh Dewan Pers. Selain itu juga keanggotaan wartawan di PWI juga telah terpenuhi yakni dengan status sebagai anggota muda dan anggota biasa.

“Alhamdulillah PWI Provinsi telah memberikankepercayaan kepada kawan kawan yang bekerja sebagai wartawan dan bertugas di Konawe Selatan untuk membentuk pengurus PWI Cabang. Tentunya dukungan Pemerintah, termasuk DPRD sangat kami harapkan,”ujarnya singkat,”ujarnya singkat.

MAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *