Ini Perjalanan Wagub Sultra Sebelum Terpapar Corona

Wagub Sultra Lukman Abunawas. (FOTO : INT)

BeritaRakyat.id,. Kendari – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas, telah dinyatakan terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Hal ini disampaikan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sultra, M Ridwan, melalui rekaman suara yang disampaikan, Rabu (02/09/2020).

Sebelum dinyatakan positif terpapar virus Corona tersebut, Lukman diketahui melakukan perjalanan, baik itu untuk kegiatan pemerintahan maupun kegiatan kepartaiannya.

Riwayat perjalanan Lukman beberapa hari belakangan ini kemudian diungkap Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sultra, Agus Sana’a. Ia menyebutkan, mulai 21 Agustus 2020, Lukman menghadiri kegiatan partai di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

“Di Konkep itu ada kegiatan partai,” ungkap Agus, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (2/9/2020).

Setelah itu, katanya, Lukman mendampingi kunjungan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Wamen PUPR), John Wempi Wetipo, saat peninjauan progres pekerjaan jembatan Sungai Rahabangga di Kabupaten Konawe, pada Selasa 25 Agustus 2020.

“Kemudian ada kunjungan wamen,” jelasnya.

Lalu, pada Rabu 26 Agustus 2020, Lukman Abunawas kembali mengikuti pelantikan pengurus DPP Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra di Hotel Azizah Kendari.

“Di situ kan ada acara pelantikan pengurus LAT Sultra, Pak Lukman hadir,” kata dia.

Setelah itu, pada Kamis 27 Agustus 2020, Lukman yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sultra itu, melakukan perjalanan ke Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) untuk menghadiri deklarasi pasangan Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur.

“Di Koltim itu ada kegiatan deklarasi calon kepala daerah, dia juga ikut ke sana,” paparnya.

Keesokan harinya, pada Jumat 28 Agustus 2020, Lukman ikut menghadiri pelantikan pejabat eselon II lingkup Pemprov Sultra yang digelar di rujab gubernur.

Setelah itu, jelas Agus, saat hendak ke Jakarta, Lukman memutuskan untuk membatalkan keberangkatannya akibat kelelahan.

“Rencananya dia mau ke Jakarta lagi, cuma tidak jadi, karena sudah kelelahan akibat rentetan kegiatan itu. Akhirnya hari Senin kemarin masuk rumah sakit,” urainya.

Agus Sana’a juga mengakui, pada beberapa kegiatan partai melibatkan banyak orang, termasuk pada pelantikan pengurus DPP LAT Sultra.

“Di situ banyak orang, apa lagi kegiatan partai, jadi susah dikendalikan apa lagi para simpatisan,” ujarnya.

Olehnya itu, ia mengimbau agar siapa pun yang melakukan kontak terakhir dengan Lukman agar melakukan Rapid Test dan Tes Swab.

“Jadi kami sekarang ini mengimbau untuk semua teman-teman di DPD untuk melakukan Rapid Test, sekalian diswab. Termasuk semua masyarakat yang kontak dengan Pak Lukman,” tutupnya.

HERMAN/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *