Ini Alasan KPU Konsel Gelar Pengundian Nomor Urut di Dalam Ruangan

Ketua KPU Konsel Aliudin. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) Provinsi SulawesiTenggara (Sultra) mengagendakan pengundian nomot urut pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Konsel dilaksanakan di dalam ruangan di Wonua Monapa dan Resort, pada tanggal 24 September atau sehari setelah ditetapkan sebagai pasangan calon.

Pelaksanaan pengundian nomor urut pasangan calon yang akan mengikuti pesta demokrasi lima tahunan di dalam ruangan itu dikarenakan masih dalam keadaan pandemi corona virus disease (Covid-19) yang masih mewabah. Selain itu untuk membatasi membludaknya pendukung tiga bakal pasangan calon.

“Iya, kami telah menetapkan untuk pengundian nomor urut pasangan calon peserta pilkada serentak, digelar di dalam ruangan di Hotel Wonua Monapa, Ranomeeto pada hari Kamis, tanggal 24 September 2020,”ujar Ketua KPU Konsel Aliudin kepada media ini, Minggu (20/09/2020).

Menurutnya, pengundian nomor urut di dalam ruangan dengan sejumlah pertimbangan. Pertama, melakukan pencegahan dan penanggulangan covid 19, Kedua, mengedepankan kesehatan dan keselamatan kerja serta keselamatan penyelenggara pemilihan Serta, keselamatan peserta pemilihan dan keselamatan pemilih.

“Dengan menggunakan ruangan maka di mungkinkan kita akan mengurangi kerumunan karena sesuai ketentuan di PKPU 10 tahun 2020 kegiatan mengumpulkan orang di dalam ruangan kapasitasnya maksimal 50 orang.

Aliudin yang juga Koorditor Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Konsel itu menambahkan, tempat yang representatif untuk kegiatan dimaksud hanya ada di Wonua Monapa.

“Untul peserta dalam pengundian nomor urut untuk tiga pasangan calon itu hanya 50 orang saja. Setiap calon hanya akan diikuti oleh masing masing pasangan calon, pimpinan partai politik pengusung dan pendukung serta LO,”tandasnya.

AKBAR

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *