Inginkan Pengelolaan APBD Lebih Baik, Pemda Konsel Minta Masukan DPRD

Sekda Konsel H. Syarif Sajang saat menyerahkan dokumen KUPA PAAS kepada Wakil Ketua DPRD Konsel Armal. (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id., Konawe Selatan – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) telah menyelesaikan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2019. Laporan itu pun telah serahkan ke DPRD.

Proses pembahasan LKPD ini kemudian akan diagendakan pihak DPRD Konsel, sebelum diusulkan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah (Perda).

Dalam proses pembahasan ini, Pemda Konsel meminta pihak DPRD bisa memberikan masukan-masukan sekaligus evaluasi. Ini penting dilakukan, agar pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (BPBD) Konsel ke depannya lebih baik lagi.

“Laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2019, dapat menjadi tolak ukur kebijakan dalam pembinaan, pengawasan, perencanaan, penganggaran dan penatausahaan, maupun sistem akuntansi keuangan daerah,” tutur Sekretaris Daerah Konsel, Drs H Sjarif Sajang MSi, Rabu (19/08/2020), dalam rapat paripurna penyerahan LKPD tersebut.

LKPD ini, lanjutnya, merupakan wahana dalam menganalisis kondisi kinerja pemerintahan daerah, yang telah di lakukan sepanjang 2019.

“Beberapa catatan penting pula untuk perbaikan di masa-masa mendatang adalah tata kelola APBD yang lebih tertib, tata kelola kas, tata kelola aset harus di tingkatkan,” imbuhnya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *