Hasil Seleksi CPNS Wakatobi Diadukan ke Ombudsman

Salah satu peserta seleksi CPNS Wakatobi saat menyampaikan aduan di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sultra. (FOTO: ODEK)

BeritaRakyat.id, Kendari – Setelah resmi diumukan, hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Wakatobi diadukan ke Kantor Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sulawesi Tenggara, Selasa (03/11/2020). Aduan itu disampaikan salah satu peserta seleksi, Lusriamil.

Dalam aduannya, Lusriamil menyebut panitia seleksi CPNS di Wakatobi telah melakukan pelanggaran dengan meloloskan salah satu peserta yang nilainya yang tidak memenuhi syarat.

“Alasannya karena itu peserta yang lolos punya serdik (sertifikat pendidik), sementara sipeserta sendiri tidak pernah menggunakan upload serdiknya pada saat mendaftar CPNS,” ucap Lusriamil, ditemui usai mengadu ke Onbudsman.

Diungkapkan, mekanisme penetapan kelulusan peserta CPNS yang dilakukan Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Wakatobi formasi 2019 melanggar dua aturan yang berlaku, yaitu Permenpan RB Nomor 23 Tahun 2019 dan Surat BKN Nomor: D 26-30/V 178-4/99 tertanggal 28 September 2020.

“Di situ sudah dijelaskan bahwa verifikasi sertifikat pendidik dilakukan bagi peserta jabatan guru yang telah mengunggah sertifikat pendidik pada saat pendaftaran,” jelasnya.

Dengan terjadinya persoalan ini, kata dia, tentu merugikan peserta yang mendapatkan skor nilai tertinggi baik pada tahap SKD maupun SKB.

Ia pun berharap agar aduannya ditindaklanjuti Ombudsman RI Perwakilan Sultra. Sehingga, tercipta keadilan dalam setiap proses penyelenggaraan seleksi CPNS.

“Saya harap ini bisa ditindaklanjuti oleh Ombudsman,” harapnya

Sementara itu, Kepala Keasistenan Ombusman RI Perwakilan Sultra Aan Andrian mengatakan, pihaknya menunggu masa sanggah selesai, lalu kemudian aduan tersebut ditindaklanjuti.

“Nanti masa sanggahnya selesai, nanti setelah itu baru kami bisa tindak lanjuti” ungkapnya, melalui sambungan telepon.

ODEK/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *