Gelar KKN di Kecamatan Laonti, Mahasiswa UGM Mendapat Apresiasi Bupati Konsel

Bupati Konsel H Suruniddin Dangga (Kedua dari kiri) didampingi Sekda Hj Sitti Chadidjah saat menghadiri acara perpisahan KKN Mahasiswa UGM di Desa Namun Kecamatan Laonti. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Lebih sebulan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) disejumlah Desa di Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mahasiswa asal Universitas Gaja Mada (UGM) mendapat apresiasi dari Bupati Konsel H Surunuddin Dangga beserta jajarannya.

Apresiasi dan ucapan terima kasih  itu ditunjukkan dengan menghadiri acara perpisahan terhadap mahasiswa UGM peserta KKN di Desa Namu Kecamatan Laonti, Sabtu, (03/01/2024).

Mahasiswa KKN yang melaksanakan KKN di Desa Namu, Batu Jaya dan Malaringgi telah mengabdikan diri selama 40 hari dengan sejumlah kegiatan dan silaturahim yang terlaksana dengan baik dan ditutup dengan kegiatan festival¬† “Pesona Konsel, Semarak Wisata Kemilau Budaya”.

“Atas nama masyarakat di tiga Desa, saya selaku bupati konsel mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada adik-adik mahasiswa yang telah melakukan pengabdian kepada warga Desa selama 40 hari,” ungkap Surunuddin.

Bupati Konsel dua periode ini berharap, ilmu yang telah diaplikasikan kepada masyarakat mampu memberi banyak manfaat,bagi kemajuan masyarakat di tiga Desa.

“Saya berharap dari hasil KKN mahasiswa ini nantinya dapat menjadi rekomendasi bagi Pemerintah Kabupaten dalam mengambil kebijakan pengembangan daerah, khususnya di sektor pariwisata,”pesannya.

Menurut Suami Hj Nurlin itu, para mahasiswa KKN dapat lebih memahami tentang kondisi sosial dan ekonomi masyarakat desa, sehingga mahasiswa dapat menciptakan beragam kreatifitas, yang dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat.

“Terimakasih juga telah membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi-potensi yang ada di daerah ini. Melalui kegiatan ini potensi tersembunyi yang ada di desa ini dapat digali oleh mahasiswa,”katanya.

Ditambahkan, salah satu peran penting mahasiswa dalam pembangunan, dan kiranya dapat memberi motivasi bagi masyarakat untuk berkembang lebih maju, baik secara sosial maupun ekonomi.

“kehadiran mahasiswa di masyarakat telah menginspirasi dan mengajarkan warga, untuk memiliki cita-cita, menjadi pribadi yang lebih baik. “Ingatlah,meskipun daerah tiga desa ini dulu dikategorikan terisolir namun saat ini telah memiliki akses jalan darat olehnya itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga serta merawat potensi kita yang ada,”tambahnya.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini mengaku, infrastruktur yang telah dibangun pemerintah saat ini dapat meningkatkan kemajuan desa yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“PR kita bersama hari ini, bagaimana mendatang orang untuk Berwisata di wilayah kita ini,”pungkasnya

Senada dengan bupati Surunuddin, perwakilan Rektor UGM DR Dr Rustamaji, juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada pemda konsel atas penerimaan selama melaksanakan KKN. Dirinya juga mengucapkan permohonan maaf jika selama ini ada kelurangan.

“Dalam Pelaksanaanya KKN PPM-UGM juga berkolaborasi dengan universitas Haluoleo,”jelasnya.

Dia berharap semoga kerjasama antara UGM dan Pemda konsel dapat terus terjalin, bahkan kelangsungan persaudaraan antara mahasiswa KKN dan masyarakat dapat terus terjalin.

Untuk diketahui dalam Festival tersebut,juga menampilkan penampilan tari piring dan tari kreasi dari anak-anak desa namu, serta pameran UMKM hasil olahan masyarakat yang merupakan binaan mahasiswa KKN. Serta pertukaran cenderamata antara pemda dan UGM.

Selain bupati Surunuddin turut hadir dalam kegaiatan tersebut, sekda konsel Hj St Cahdidjah, Ketua TP-PPK Hj Nurlin Surunuddin, Camat Laonti Papalaki, sejumlah kepala OPD dan Kades se-Kecamatan Laonti.

YAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *