Forum Masyarakat Peduli Bombana Apresiasi Penolakan Pra-peradilan KTT PT PLM

Suasana sidang putusan Pra-peradilan KTT PT Panca Logam Makmur di PN Kendari (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Kendari – Forum Masyarakat Peduli Bombana (FMPB) mengapresiasi kinerja hakim Pengadilan Negeri Kendari, atas penolakan permohonan Pra-peradilan Kepala Tehnik Tambang (KTT) PT Panca Logam Makmur (PLM).

Koordinator FMPB Haslin Hatta Yahya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keputusan tegas majelis hakim PN Kendari yang menolak permohonan Pra-peradilan KTT PT PLM.

“Kami selaku salah satu pihak yang komitmen mengawal kasus ini, sangat mengapresiasi keputusan majelis hakim Pengadilan Negeri Kendari. Yang degan tegas melok Pra-peradilan penetapan tersangka KTT Panca Logam Makmur,” katanya kepada media ini, Rabu (08/02/2024).

Keputusan majelis hakim dalam menolak permohonan Pra-peradilan KTT PT PLM ini kata dia, tentunya membawa angin segar bagi masyarakat kecil. Bahwa ternyata masih banyak hakim yang tegak lurus dan berani mengakan hukum dengan baik.

“Hari ini, kami selaku masyarakat kecil merasa gembira dan mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Kendari khususnya bapak Arief Hakim Nugraha SH MH, yang telah menolak Pra-peradilan penetapan tersangka KTT PT PLM atas nama M Rezeki Arkanuddin,” ungkapnya.

Selain itu, Haslin juga mengaku mengucapkan apresiasi kepada penyidik Ditkrimsus Polda Sultra, yang telah mengawal kasus ini sehingga permohonan gugatan Pra-peradilan KTT PT PLM di tolak oleh majelis hakim PN Kendari.

“Kami juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada penyidik Ditkrimsus Polda Sultra, yang telah melakukan persidangan dengan baik sehingga gugtan Pra-peradilan KTT PT PLM bisa ditolak oleh PN Kendari,” bebernya.

Dengan ditolaknya permohonan Pra-peradilan ini, dirinya berhap agar Polda Sultra segara mungkin menahan KTT PT PLM.

“Kita sangat berharap agar, sekiranya penyidik Ditreskrimsus Polda Sultra segera melalukan penahanan kepada para tersangka pelaku kejahatan lingkungan ini. Yang melakukan ilegal mining dan merugikan Negara,” harapnya.

Lebih lanjut dirinya juga berharap agar nantinya dalam proses persidangan lanjutan kasus ini, di PN Pasarwajo. Hakim PN Pasarwajo benar-benar memutuskan kasus sesuai aturan yang berlaku.

“Kami juga berharap kepada PN Pasarwajo tempat perkara ini disidangkan, agar benar-benar tegak lurus dalam persidangan nanti, memberikan hukuman seberat-beratnya. Agar ada efek jera kepada mereka yang merasa kebal hukum dalam melakukan kejahatan lingkungan,” tutupnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *