Fisip UHO Gelar Lomba Debat dan Orasi Ilmiah Tingkat Nasional

Dekan Fisip UHO Prof Eka Suaib tengah kaos putih saat berfoto bersama panitia tamu undangan usai pembukaan kegiatan (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Kendari – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo (UHO), Kota Kendari mengelar lomba debat dan orasi ilmiah tingkat Nasional pada, Senin (04/11/2023).

Ketua Panitia lomba debat dan orasi ilmiah Nasional Dr Jopang mengatakan, kegitan ini merupakan salah program kerja Fisip UHO yang berkaitan dengan bidang kemahasiswaan.

“Program ini memang, program pertama kali diselenggarakan oleh Fisip UHO dan nanti, ini akan menjadi program yang berkelanjutan tiap tahunnya,” katanya kepada media ini saat kami temui disela-sela kegiatan.

Tujuan kegiatan ini lanjut dia, guna ikut memberikan kontribusi pemikiran terhadap isu-isu, yang berkaitan dengan politik gagasan menjelang pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Lalu selain itu kata dia, kegitan ini juga sekaligus memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh sivitas akademika, mahasiswa dalam merespon isu-isu kekinian pada momentum pesta demokrasi, termasuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh bangsa.

“Yang tidak kalah pentingnya juga, sebenarnya kegitan ini sekaligus menjalin silaturahmi antar sesama mahasiswa se-Indonesia, untuk membangun pemikiran-pemikiran dan sinergis mahasiswa yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Kegitan yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Kendari ini menurut dia, diikuti oleh perwakilan Mahasiswa dari beberapa Universitas yang ada di Indonesia. Dan juga turut dihadiri undangan dari perwakilan Pemerintah maupun pimpinan DPRD.

“Kegitan ini dihadiri mahasiswa dari 7 Kampus di luar UHO, ada Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Universitas Cendrawasih, Universitas Negri Padang, Politeknik Ketenagakerjaan, IAIN Kendari, Sekolah Tinggi Ilmu Politik Raja Haji Tanjung Pinang, Universitas Sulawesi Tenggara,” bebernya.

Selain itu kata dia, kegitan lomba debat dan orasi ilmiah tingkat Nasional ini, peserta debat akan dinilai oleh juru dari beberapa kalangan Mulai dari Akademisi dari Universitas Jember, Akademisi Universitas Hasanuddin hingga dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Debat tingkat Nasional tahun 2023 yang di selenggarakan oleh Fisip UHO ini, mengundang juru dari tiga unsur. Pertama dari Universitas Jember, Universitas Hasanuddin dan dari KPU Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Ditempat yang sama Dekan Fisip UHO Prof Eka Suaib mengaku, kegitan lomba debat dan orasi ilmiah tingkat Nasional Fisip UHO dengan mengundang mahasiswa dari berbagai universitas ini, diharapkan bisa menjadi salah satu edukasi pendidikan politik bagi masyarakat dalam momentum Pemilu tahun 2024 nanti.

“Silahkan berkompetisi dengan fair, jadikan momentum ini sebagai ajang pendidikan politik dan saya kira kampus adalah salah satu elemen yang diharapkan mampu memberikan edukasi politik kepada masyarakat bekerjasama dengan elemen lainnya,” tutupnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *