Endus Dugaan Kecurangan Dalam Lelang Proyek, UKPBJ Bombana Dilaporkan di Polda Sultra

Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam lembaga Forum Gerakan Mahasiswa (Forgema) Sultra saat melaporkan UKPBJ Bombana di Polda Sultra (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,. Kendari -Forum Gerakan Mahasiswa (Forgema), Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta Polda Sultra memeriksa Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), Kabupaten Bombana.

Hal tersebut karena adanya dugaan kecurangan dalam lelang proyek ditubuh UKPBJ Kabupaten Bombana tahun anggaran 2024 ini.

Koordinator Forgema Sultra Abdul Rahman Fatur mengatakan, pelaksanaan tender proyek tahun anggaran 2024 dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) UKPBJ Bombana banyak terjadi kejanggalan.

“Berdasarkan fakta pelaksanaan tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE. Pelaku usaha tidak dapat melakukan penawaran hingga mengakibatkan tidak bisa melakukan pengaplotan,” katanya usai melaporkan UKPBJ Bombana di Polda Sultra, Jumat (14/06/2024).

Rahman menduga, pelaksanaan tender proyek ini sengaja dimainkan oleh Pokja UKPBJ Bombana. Dimana kata dia, banyak terjadi kejanggalan dalam sistem lelang proyek yang mengakibatkan kontraktor tidak bisa melakukan penawaran.

“Pelaksanaan tender ini kuat dugaan kami adanya kecurangan. Karena berdasarkan fakta lapangan sistem tender dalam aplikasi tidak bisa di akses, sehingga tidak bisa melakukan penawaran, pengaplotan,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya mendesak Polda Sultra segera memanggil dan memeriksa Pokja yang ada di UKPBJ Bombana.

“UKPBJ dan Pokjanya harus segera diperiksa, karena ini berpotensi adanya dugaan tindak pidana korupsi dan gratifikasi,” pintanya.

Selain itu pihaknya juga meminta Pj Bupati Bombana agar segera melakukan evaluasi terhadap kinerja jajaran UKPBJ Bombana.

“Ini adalah bentuk tindakan nepotisme, dalam hal ini tidak boleh dilakukan instansi Pemerintah karena kita semua punya hak mendapatkan proses dan regulasi yang adil, Makanya Pj Bupati juga harus memerhatikan dan segera mengevaluasi instansi yang ada di Pemerintahahnya,” tutupnya.

Sementara itu, hingga saat ini media ini belum berhasil melakukan konfirmasi dengan pihak UKPBJ Bombana.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *