Dinsos Kota Kendari Bakal Tertibkan Anak Jalanan

Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Asman Saaby saat memberikan keterangan pers (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Kendari – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari di bawa komando, Asman Saaby langsung bergerak cepat melakukan rapat koordinasi (Rakor) internal membahas persoalan anak jalanan (Ajal) di Kota Kendari.

Rakor ini menghasilkan, untuk segera melakukan penertiban dan pembinaan terhadap anak-anak jalanan yang kerap mangkal di beberapa simpang jalan.

Kadinsos Kota Kendari Asman Saaby mengatakan, Langkah awal yang akan kita lakukan adalah melakukan pendataan dan monitoring terkait dengan anak jalanan di wilayah Kota Kendari.

“Dari hasil monitoring tersebut ini tentunya akan melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap anak jalanan,” katanya, Rabu (03/01/2024).

Lalu langkah berikutnya lanjut dia akan melakukan koordinasi dengan semua stakeholder termasuk Satpol PP untuk membahas langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mengurangi atau paling tidak mencegah adanya anak jalanan yang sering mangkal atau mengamen di setiap simpang jalan.

“Kalu kita langsung lakukan penindakan saya kira itu bukan solusi yang tepat, tapi paling tidak kita memberikan arahan menyampaikan bahwa di Kota Kendari itu diupayakan agar anak jalanan tidak mangkal di setiap simpangan yang takutnya dapat mengganggu arus lalu lintas,” bebernya.

Sementara itu, Dewan Pembina AP2 Sultra La Ode Hasanudin Kansi mengaku, keberadaan anak jalanan di Kota Kendari selama ini yang kerap mangkal di simpang-simpang jalan sudah meresahkan masyarakat di Kota Kendari.

Untuk itu, ia mengapresiasi dan mendukung penuh langkah yang dilakukan pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Sosial untuk segera menertibkan anak-anak jalanan di Kota Kendari.

“Anak-anak jalanan ini sudah cukup meresahkan di Kota Kendari sehingga harus segera diambil langkah-langkah untuk melakukan penertiban,” akunya.

Dirinya mengaku siap mengawal Dinas Sosial Kota Kendari untuk melakukan pendampingan dan pemberdayaan terhadap anak-anak jalanan.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa anak jalanan yang sering mangkal di simpang jalan bukan hanya anak-anak yang berdomisili di Kota Kendari, melainkan dari luar Kendari bahkan dari luar Sulawesi Tenggara yang sengaja dieksploitasi oleh oknum-oknum tertentu untuk kempentingan pribadi.

“Kalau ada anak-anak dari luar Sultra yang kedapatan langsung dipulangkan saja ke daerah asalnya,” tutupnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *